Sukses

4 Jenis Vitamin B untuk Menunjang Puasa, Pahami Aneka Kegunaannya

Ada beberapa jenis vitamin B untuk menunjang puasa yang penting untuk dikonsumsi.

Liputan6.com, Jakarta Jenis vitamin B untuk menunjang puasa ini sebenarnya bisa didapat dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Namun, karena puasa mewajibkan untuk tidak makan dan minum, maka jumlah asupan akan vitamin B cenderung berkurang.

Ada beberapa jenis vitamin B untuk menunjang puasa yang masing-masingnya memiliki kegunaannya sendiri. Memang, vitamin B merupakan jenis vitamin yang memiliki banyak jenis didalamnya, seperti B1, B2, B6, dan B12.

Berbagai jenis vitamin B untuk menunjang puasa ini sangat penting untuk dicukupi selama berpuasa. Karena, apabila kekurangan salah satu dari jenis vitamin B untuk menunjang puasa ini, akan berpotensi membuat fungsi organ tubuh tidak bekerja secara optimal.

Selain dengan mengonsumsi makanan bergizi, kebutuhan vitamin B juga dapat diperoleh dengan mengonsumsi suplemen vitamin neurotropik. Salah satu suplemen vitamin neurotropik yang dapat dijadikan pilihan adalah NEUROBION (Putih).

Apa saja jenis vitamin B untuk menunjang puasa tersebut? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum jenis vitamin B untuk menunjang puasa tersebut dari berbagai sumber, Senin (18/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Vitamin B1

Jenis vitamin B untuk menunjang puasa yang pertama yaitu vitamin B1 atau thiamin. Pada saat berpuasa hampir 13 jam lamanya, tubuh akan kekurangan asupan berbagai jenis makanan atau sumber energi yang cukup. Nah, di sinilah jenis vitamin B1 atau thiamin ini menjalankan fungsinya. Jenis vitamin B1 ini menjalankan fungsi untuk membantu tubuh dalam memproses pencernaan zat glukosa yang dihasilkan dari makanan yang Anda konsumsi. Dimana pengolahan tersebut bertujuan agar glukosa dapat dijadikan energi yang membantu Anda beraktivitas saat sedang berpuasa.

Jenis vitamin B1 ini juga dapat bekerja bersama jenis vitamin B lainnya, yang umumnya akan disebut sebagai jenis vitamin B kompleks. Adanya kandungan vitamin B kompleks sangat penting dalam menjalankan fungsi untuk mengatur sistem kerja jantung, serta sistem pencernaan, dan sistem endokrin dalam tubuh Anda selama sedang berpuasa.

Agar asupan vitamin B1 harian tetap terpenuhi, maka pada saat Anda berbuka dan sahur bisa menambahkan menu-menu yang kaya akan kandungan vitamin B1. Beberapa jenis makanan tersebut yaitu seperti daging sapi, hati sapi, gandum, kacang-kacangan, buah beri, bayam, dan jagung.

3 dari 5 halaman

2. Vitamin B2

Salah satu jenis vitamin B untuk menunjang puasa selanjutnya yaitu vitamin B2 atau yang juga disebut sebagai riboflavin. Menagapa tubuh harus mendapat asupan vitamin B2? Karena, vitamin B2 tersebut memiliki fungsi yang cukup banyak dalam melancarkan berbagai proses penting dalam sistem tubuh. Salah satu fungsi dari vitamin B2 bagi tubuh yaitu untuk memudahkan pemecahan karbohidrat, protein, dan lemak. Dengan terpecahnya kandungan tersebut, maka akan menghasilkan cukup energi yang membantu melancarkan aktivitas Anda selama berpuasa.

Selain membantu dalam membentuk sumber energi, vitamin B2 juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, penglihatan mata, organ pencernaan, dan kelancaran fungsi organ vital lainnya yang ada pada tubuh.

Agar vitamin B2 asupannya tetap dapat terpenuhi saat puasa, maka Anda bisa mendapatkan asupan tersebut dari jenis makanan seperti kuning telur, daging merah, ikan salmon, ikan tuna, kacang kedelai, kacang almond, dan jenis gandum yang dikonsumsi saat sahur atau berbuka.

4 dari 5 halaman

3. Vitamin B6

Jenis vitamin B saat puasa yang baiknya harus tercukupi yaitu vitamin B6 atau pyridoxine. Vitamin B6 ini memiliki peran untuk membantu menyerap nutrisi yang akan menghasilkan energi. Selain itu, vitamin B6 juga memiliki perang yang sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, dan penglihatan.

Lalu, vitamin B6 ini juga sangat penting dalam membantu kerja hati, otak, sistem saraf, serta membentuk sel-sel darah merah. Dan agar asupan dari vitamin B6 ini selalu terpenuhi saat puasa, maka Anda bisa memasukkan jenis makanan seperti daging sapi, daging ayam, ikan tuna, gandum, kacang-kacangan, pisang, dan kentang ke dalam menu sahur atau untuk buka puasa.

5 dari 5 halaman

4. Vitamin B12

Jenis vitamin B untuk menunjang puasa yang terakhir yaitu vitamin B12 atau yang memiliki nama lain cobalamin. Vitamin juga tidak kalah penting dibandingkan jenis vitamin B lainnya. Vitamin ini pun memiliki fungsi yang cukup penting demi membantu tubuh agar tetap dalam kondisi yang sehat. Jenis vitamin B12 dapat larut dalam air, dan fungsi utama dari vitamin B12 ini antara lain untuk mendukung kerja otak dan juga sistem saraf. Selain itu vitamin B12 juga berperan penting dalam membantu produksi DNA di dalam tubuh, juga berperan penting dalam pembentukan tulang serta sel-sel darah merah.

Tercukupinya asupan vitamin B12 jugas mampu dalam membantu Anda untuk menguatkan tulang dan terhindar dari risiko pengeroposan tulang. Namun, tetap saja harus beri dukungan dari nutrisi lain seperti kalsium dan vitamin D agar kondisi tulang Anda dapat selalu sehat.

Asupan vitamin B12 ini bisa didapatkan dari jenis makanan seperti daging sapi, daging unggas, ikan tuna, susu, keju, yogurt, dan telur. Namun, walaupun asupan makanan yang memiliki jenis vitamin B tersebut harus terpenuhi, Anda perlu memperhatikan jumlah konsumsinya agar tidak berlebihan dan justru menimbulkan gangguan kesehatan lainnya bagi tubuh.

Nah, selain dari makanan alami, untuk memenuhi berbagai jenis vitamin B untuk menunjang puasa Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin B tambahan yang sesuai resep dokter tentunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini