Sukses

Mulai Hari Ini, Klub-Klub La Liga Diizinkan Latihan Berkelompok

La Liga musim ini rencananya akan kembali bergulir mulai 12 Juni mendatang.

Liputan6.com, Barcelona - Klub-klub Spanyol bersiap menyambut bergulirnya lagi La Liga yang sebelumnya sempat terhenti karena pandemi virus Corona Covid-19. Presiden La Liga, Javier Tebas memastikan para pemain yang tampil pada dua liga teratas mulai Senin (18/5/2020) sudah bisa berlatih secara berkelompok.  

Langkah ini sejalan dengan keputusan pemerintah yang mulai melonggarkan aturan lockdown di Spanyol. Sabtu lalu, pemerintah mengumumkan kalau para pemain sudah boleh berlatih secara berkelompok. Kebijakan ini lebih longgar di mana sebelumnya hanya klub-klub dari daerah yang bebas kasus Covid-19 terbaru seperti Barcelona dan Real Madrid yang diizinkan untuk melakukannya. 

Seperti dilansir dari CNA, La Liga menyambut gembira keputusan ini dan segera mengimplementasikannya. Namun jumlah peserta masuk dibatasi maksimalh 10 pemain saja.

"Kepastian mengenai diperbolehkannya latihan secara berkelompok akan membantu meningkatkan mutu dan standar latihan," kata Tebas kepada televisi Spanyol Movistar, Minggu (17/5/2020).

"Ini sangat penting di mana seluruh tim kini berlatih dengan level yang sama dan kita senang karena itu sudah bisa berjalan," katanya Tebas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terhenti Sejak 12 Maret

Sepak bola di Spanyol telah dihentikan sejak 12 Maret lalu menyusul pandemi virus Corona Covid-19. Tidak hanya menghilangkan hiburan bagi para pecinta sepak bola, penghentian ini juga merugikan klub. Dan menurut Tebas, kerugian bisa mencapai miliaran euro bila musim ini tidak dilanjutkan. 

Para pemain sebenarnya sudah mulai berlatih sejak awal bulan ini. Namun pada tahap pertama, latihan hanya dijalani secara perorangan. Latihan secara berkelompok menjadi tahap lanjutan bagi klub-klub sebelum tampil lagi pada La Liga musim ini yang akan dilanjutkan meski tanpa penonton.

 

3 dari 3 halaman

Puji Langkah Bundesliga

La Liga merencanakan pertandingan bergulir lagi mulai 12 Juni 2020. Meski pandemi virus Corona Covid-19 belum benar-benar aman, Tebas optimistis musim 2019/2020 bisa dirampungkan.

Tebas semakin percaya diri melihat kesuksesan Bundesliga yang sudah bergulir lagi sejak akhir pekan lalu. "Selamat kepada Bundesliga sebab mereka sudah melakukan upaya yang luar biasa," kata Tebas.

"Kami sudah bekerjasama dan bahu membahu bersama mereka selama beberapa bulan terakhir ini dan bertukar ide dan protokol dan saya sangat bangga terhadap Bundesliga sebab itu bukan langkah mudah, tapi mereka bisa jadi yang pertama dan jadi panutan," beber Tebas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini