MU Dapat Restu Ryan Giggs Angkut Winger Jebolan Akademi Manchester City

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 17 Mei 2020, 18:45 WIB
Diperbarui 17 Mei 2020, 18:45 WIB
Rabbi Matondo
Perbesar
Aksi kocak Rabbi Matondo, pemain incaran MU. (Dok. Twitter/Rabbi_Matondo)

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) mendapat restu dari winger legendaris mereka, Ryan Giggs, untuk merekrut Rabbi Matondo, winger muda berusia 19 tahun yang merupakan jebolan akademi Manchester City.

Sebenarnya, MU sudah memantau Matondo dalam dua tahun terakhir. Namun, pemain kelahiran Liverpool itu malah hengkang ke klub asal Jerman, Schalke 04 pada 30 Januari 2019.

Schalke 04 hanya mengeluarkan 9 juta euro untuk mengangkut Matondo. Mereka pun mengingat pemain Timnas Wales itu hingga 30 Juni 2023.

Ketika masih berada di akademi Manchester City, Matondo sangat gemilang. Dia mampu mencetak 11 gol dan lima assist dari 31 penampilan bersama Manchester City U-23.

Statistik tersebut membuat Giggs, yang juga pelatih Timnas Wales, terkejut. Dia menilai anak asuhnya di Timnas Wales itu layak memperkuat Setan Merah, sebutan MU.

 

Ryan Giggs Terkejut

Rabbi Matondo
Perbesar
Pemain sayap Schalke 04, Rabbi Matondo, masuk daftar alternatif Manchester United bila gagal dapatkan Jadon Sancho. (AFP/Ina Fassbender)

Giggs sebenarnya sudah menawarkan Matondo kepada manjaer MU, Ole Gunnar Solskjaer. Namun, Giggs malah terkejut dengan pilihan sang pemain, tapi masih berharap Matondo bergabung ke MU.

"Saya sedikit terkejut saat Rabbi pindah ke Schalke, karena menurut saya ia layak bermain di tim papan atas seperti Man United, mengingat dia mempunyai talenta luar biasa," kata Giggs, seperti disadur dari Goal.

"Dia sangat bagus saat bermain bersama kami (Timnas Wales). Saya pikir dia akan melakukan tugasnya dengan baik saat masuk ke lapangan. Sama seperti Daniel James, dia juga memiliki kecepatan yang mengejutkan. Dan itu selalu membuat Anda tertarik," ujarnya menambahkan.

 

Harga Matondo

Untuk mendapatkan Matondo, MU harus mengeluarkan uang lebih banyak dari Schalke ketika membelinya dari Manchester City. Menurut Transfermakrt, sang pemain dibandrol dengan harga 12 juta euro.

Bersama Schalke, Matondo belum mendapat banyak kesempatan. Alhasil, dia baru bisa mencetak 1 gol dari 22 pertandingan di semua kompetisi.

Lanjutkan Membaca ↓