Patung Telanjang Dada Ibrahimovic Disembunyikan di Lokasi Rahasia

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 17 Mei 2020, 17:30 WIB
Diperbarui 17 Mei 2020, 17:30 WIB
Penampakan Patung Ibrahimovic yang Berulang Kali Dirusak Fans
Perbesar
Patung Zlatan Ibrahimovic ditutupi dengan plastik dan kursi toilet, Malmo, Swedia, Rabu (27/11/2019). Perusakan patung yang terjadi untuk kesekian kali tersebut dilakukan fans Malmo karena kecewa sang idola membeli saham di klub rival, Hammarby. (Andreas HILLERGREN/TT News Agency/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Aksi vandalisme yang terus berulang terhadap patung bintang sepak bola Zlatan Ibrahimovic rupanya mengusik perhatian Dewan Kota Malmo. Kabarnya mereka akan memindahkan patung tersebut.

Surat kabar Sydsvenskan mengatakan bahwa dewan kota di kota terbesar ketiga Swedia itu, akan memutuskan rencana ini Senin besok. Mereka sedang mencari saran dari tim Malmo FF soal lokasi baru patung Ibrahimovic itu.

Patung, tidak termasuk kaki granit merahnya, sudah dilepas pada awal Januari dan telah disimpan di lokasi rahasia untuk diperbaiki.

Banyak penggemar Ibrahimovic menyarankan patung harus dipindahkan ke Stockholm. Di kota ini Ibrahimovic memiliki properti, selain itu Asosiasi Sepak Bola Swedia juga berbasis di wilayah ini.

Namun, CEO klub Niclas Carlnen mengatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui rencana kota dan tidak akan mengomentari masalah ini.

Patung perunggu Ibrahimovic seberat 500 kilogram (1.100 pon), yang sekarang bermain untuk AC Milan, diresmikan pada bulan Oktober lalu.

2 dari 3 halaman

Berdiri Telanjang Dada

Penampakan Patung Ibrahimovic yang Berulang Kali Dirusak Fans
Perbesar
Warga menyaksikan patung Zlatan Ibrahimovic yang rusak, Malmo, Swedia, Minggu (22/12/2019). Perusakan patung yang terjadi untuk kesekian kali tersebut dilakukan fans Malmo karena kecewa sang idola membeli saham di klub rival, Hammarby. (Johan Nilsson/TT News Agency via AP)

Patung, yang berdiri di luar stadion Malmo FF itu, dibuat untuk memperingati salah satu olahragawan terbaik Swedia itu.

Dibuat pemahat Peter Linde, patung setinggi tiga meter (9-kaki-10) dan menunjukkan sosok Ibrahimovic berdiri telanjang dada dengan tangan terbuka.

Biaya pembuatannya 500.000 kronor Swedia (50.000 dolar AS). Perkiraan biaya pemeliharaan tahunan sebesar 15.000 kronor yang dibayarkan oleh kota Malmo.

3 dari 3 halaman

Digergaji

Patung Ibrahimovic telah dirusak beberapa kali. Disemprot dengan cat, dan hidung dan pergelangan kakinya digergaji.

Vandalisme dimulai setelah terungkap bahwa Ibrahimovic telah menjadi bagian-pemilik di Hammarby IF, klub yang berbasis di Stockholm dan saingan Malmo FF.

Ibrahimovic, 38, memulai kariernya dengan Malmo FF pada akhir 1990-an di kota tempat ia dilahirkan.

Lanjutkan Membaca ↓