Sukses

Erling Haaland Terus Buktikan Ketajaman, Ini Statistiknya

Erling Braut Haaland benar-benar pantas diberikan julukan sebagai penyerang haus gol. Ini terlihat dari statistik gol yang dicetaknya di tiga kompetisi berbeda.

Dortmund- Penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland terus menebar pesona untuk sepak bola dunia. Dia kini menjelma menjadi striker yang haus gol.

Nama Erling Haaland baru terdengar pada musim ini. Sebenarnya, pria kelahiran 2000 itu sudah menapakkan kakinya di pentas sepak bola profesional sejak musim lalu. Namun, kala itu, ia belum setajam sekarang.

Usianya masih sangat belia kala itu. Haaland hanya diberikan kesempatan tampil sebanyak lima kali di semua ajang oleh klub profesional pertamanya, RB Salzburg. Haaland hanya mampu mengukir satu gol.

Namun semuanya berubah pada musim ini. Ia menjadi bahan perbincangan penikmat sepak bola di seluruh dunia karena berhasil mencetak 16 gol untuk Salzburg di ajang Austrian Bundesliga dalam kurun waktu setengah musim 2019-2020.

Liga Austria tidak memiliki level kompetisi yang sepadan dengan liga-liga besar lainnya. Jadi Haaland masih harus membuktikan dirinya di pentas yang lebih besar lagi.

Ia berhasil melakukannya. Haaland membuat RB Salzburg menjadi tim kuda hitam yang menakutkan dalam fase grup Liga Champions. Delapan gol dari enam laga membuat Salzburg nyaris lolos ke babak 16 besar.

Mencetak gol sebanyak itu di pentas Liga Champions, saat menghadapi tim sekelas Napoli dan Liverpool, bukanlah perkara yang mudah buat seorang pemain muda. Namun Erling Haaland  mampu melakukannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Butuh Adaptasi Lama

Pencapaian yang didapatkan dalam kurun waktu setengah musim itu membuat Haaland jadi incaran banyak raksasa Eropa. Pada Januari 2020, ia memutuskan pindah ke Borussia Dortmund.

Dari Austrian Bundesliga ke Bundesliga Jerman. Kepantasan Haaland untuk mengemban status penyerang berbahaya harus dibuktikan di sini. Tanpa butuh waktu lama, ia sukses mencetak hattrick pertamanya dalam laga debutnya.

Haaland terus mencetak gol untuk Dortmund. Ia membukukan tambahan dua gol di pentas Liga Champions. Sayang, raihan golnya dalam pentas tersebut tak bisa bertambah karena Dortmund tersingkir di babak 16 besar.

Pada Sabtu (16/5/2020), Bundesliga kembali digelar setelah mengalami penundaan akibat pandemi virus Corona yang melanda Jerman. Dortmund pun dihadapkan dengan salah satu rivalnya, Schalke 04, di Westfalenstadion.

Haaland bermain sejak menit awal dan mencetak gol pembuka kemenangan Dortmund di babak pertama. Berkat dirinya, Die Borussien jadi mampu meraih poin penuh lantaran menang dengan skor telak 4-0.

Gol tersebut menggenapkan pencapaian gol Haaland bersama Borussia Dortmund menjadi 10. Itu artinya, Haaland sudah mengantongi 10 gol di tiga laga yang berbeda: Austrian Bundesliga, Bundesliga, dan juga Liga Champions.

Torehan ini membuktikan masa depan Haaland dalam dunia sepak bola sangat cerah. Ia hanya perlu menjebol gawang lawan sebanyak delapan kali untuk menggenapkan perolehan golnya menjadi 50 di musim ini.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Yaumul Azis, published: 17/5/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini