Sukses

Pekan Perdana Bundesliga di Tengah Pandemi Covid-19 Tinggalkan Sederet Catatan

Sebanyak enam partai Bundesliga Jerman 2019-2020 berlangsung pada Sabtu (16/5/2020). Itu menjadi pertama kali Bundesliga menggelar pertandingan di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Liputan6.com, Dortmund - Sebanyak enam partai Bundesliga Jerman 2019-2020 berlangsung pada Sabtu (16/5/2020). Itu menjadi pertama kali Bundesliga menggelar pertandingan di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Partai yang paling menyita perhatian adalah pertemuan Borussia Dortmund melawan Schalke 04, yang juga dikenal sebagai Revierderby. Dortmund sukses menghajar Schalke 4-0 di Signal Iduna Park.

Bundesliga Jerman menjadi liga papan atas pertama Eropa yang melanjutkan kompetisi musim ini, di mana mereka memainkan pertandingan pekan ke-26.

Sesuai protokol kesehatan, tidak ada penonton di stadion-stadion yang menggelar pertandingan Bundesliga tersebut. Sejumlah penyesuaian juga mesti dilakukan mereka yang terlibat di dalam pertandingan.

Selain tidak ada saling bersalaman antartim yang akan bertanding, anak gawang dan maskot tim juga tidak tampak dalam laga Bundesliga di tengah pandemi Covid-19.

Para pemain yang duduk di bangku cadangan masing-masnig berjarak dua meter dan diharuskan memakai masker. Para pelatih boleh melepas masker saat meneriakkan instruksi kepada pemain di lapangan, tapi jaraknya minimal harus 1,5 meter dari orang terdekat.

Mereka yang di lapangan juga mesti mengurangi level spontanitas, termasuk jaga jarak ketika pemain melakukan selebrasi gol. Namun, karena baru pertama kali diberlakukan dan butuh penyesuaian, pelanggaran aturan masih terjadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelanggaran Protokol

Salah satunya terjadi ketika bek Hertha Berlin Dedryck Boyata mencium pipi rekan setimnya, Marko Grujic untuk merayakan gol bunuh diri yang dilakukan pemain Hoffenheim, Kevin Akpoguma.

Selain itu, penyerang Hertha, Vedad Ibisevic, tertangkap kamera meludah di lapangan pada babak pertama. Meludah adalah tindakan yang dilarang dalam protokol kesehatan dan keselamatan Bundesliga di tengah pandemi Covid-19.

Kendati begitu, sebagian besar pertandingan perdana Bundesliga Jerman di tengah pandemi Covid-19 berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan dan keselamatan yang ada. Operator Liga Jerman (DFL) juga masih belum akan menghukum pemain-pemain yang melanggar protokol tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Hasil Pertandingan

Hasil Pertandingan Bundesliga Jerman Sabtu (16/5/2020)

Borussia Dortmund 4 - 0 Schalke 04

RB Leipzig 1 - 1 Freiburg

Hoffenheim 0 - 3 Hertha BSC

Fortuna Düsseldorf 0 - 0 Paderborn

Augsburg 1 - 2 Wolfsburg

Eintracht Frankfurt 1 - 3 Borussia M'gladbach

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini