Sukses

6 Manfaat Mengagumkan Air Cucian Beras bagi Kesehatan

Air cucian beras tidak bisa dianggap remeh. Manfaatnya bisa membuat Anda kagum.

Jakarta - Seperti namanya, air cucian beras merupakan air yang diperoleh usai mencuci beras. Mungkin beberapa di antara Anda ada yang sudah tahu akan manfaat air cucian beras.

Tetapi, mungkin masih banyak juga yang baru mendengar hal tersebut. Air cucian beras memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Air cucian beras putih, merah, atau cokelat sudah dikenal sebagai satu di antara pengobatan alternatif dari Asia sejak berabad-abad lalu. Air cucian beras berwarna putih atau kekuningan yang kental ketika digunakan untuk memasak nasi.

Secara sederhana, air cucian beras adalah larutan berwarna putih susu yang didapatkan setelah merendam atau memasak beras. Air beras ini dapat terkonsentrasi, diencerkan atau bahkan difermentasi untuk diambil manfaatnya.

Air cucian beras telah digunakan selama berabad-abad di negara-negara Asia untuk menjaga kulit tampak muda dan membantu rambut tumbuh sehat dan kuat. Air cucian beras mengandung vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh.

Air cucian beras mengandung beragam vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehatan, seperti seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1. Dalam air cucian beras juga terdapat asam amino, gammaoryzanol, dan sifat antioksidan.

Air cucian beras tidak hanya untuk kecantikan kulit wajah, tapi juga bermanfaat untuk rambut. Kini manfaat air beras untuk rambut bisa Anda dapatkan dari shampo dan kondisioner terbaru dari PANTENE Perawatan Rambut Rontok. Formulanya dilengkapi dengan Rice Oil Essence untuk keindahan rambut, serta Pro-Vitamin dan pelembab micro yang mampu menutrisi rambut dan membungkus helai rambut menjadi halus.

Tidak hanya itu, busanya pun mewah dan teksturnya yang menutrisi membantu mengatasi kerontokan hingga 98%. Penasaran ingin mencobanya? Dapatkan dan coba PANTENE Perawatan Rambut Rontok untuk rambut yang lebih sehat setiap kali keramas dan tebal terus.

Jadi, segera tampung air tersebut dalam wadah. Jangan langsung dibuang. Pastikan beras Anda sudah bersih, lalu ambil airnya dari cucian beras terakhir.

Sebagai catatan, air cucian beras ini tidak efektif diberikan ke bayi dan anak.

Berikut manfaat air cucian beras yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengatasi Jerawat

1. Mengatasi Jerawat

Pati yang terdapat dalam air cucian beras diyakini mampu mengatasi jerawat. Air cucian beras bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopik.

2. Menjaga Kesehatan Rambut

Air cucian beras bisa berfungsi sebagai pengganti sampo. Air cucian beras mampu menyeimbangkan pH kulit kepala.

Dilansir dari Boldsky, air cucian beras berfungsi menyuburkan rambut, mengatasi ketombe, menghilangkan kutu, serta atasi rambut bercabang.

3. Atasi Kulit yang Iritasi

Khasiat air cucian beras bisa mengobati kulit yang sedang iritasi. Air cucian beras secara signifikan dapat memperbaiki ruam pada kulit.

Caranya, oleskan air beras pada ruam atau peradangan kulit lainnya untuk menenangkannya secara alami.

3 dari 3 halaman

Mencerahkan Kulit

4. Mencerahkan Kulit

Manfaat selanjutnya air cucian beras adalah mampu mencerahkan kulit. Kandungan gammaoyzanol pada air cucian beras dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

Sudah banyak produk perawatan kulit menggunakan air cucian beras ini sebagai bahan tambahan, misalnya pada sabun, toner, dan krim.

5. Menangkal Radikal Bebas

Air cucian beras memiliki sifat antioksidan alami. Dalam sifat antioksidan terdapat kandungan ferulic acid.

Erulic acid berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. Jika radikal bebas yang terdapat dalam tubuh makin tidak terkendali, bisa menyebabkan timbulnya penyakit yang mematikan seperti kanker.

6. Memudarkan Bekas Luka dan Melembabkan Kulit

Kandungan oryzanol dan pitera yang ada dalam air cucian beras dipercaya bisa menyembuhkan luka. Selain itu, kandungan protein yang ada dalam air cucian beras dipercaya bisa mencegah kulit kehilangan air dan tentunya membuat kulit tetap lembab lebih lama.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari Bola.com (Penulis Alfi Yuda / Editor Aning Jati, Published 15/5/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.