Sukses

Howard Webb Akhirnya Buka Suara soal Tudingan Pemain Ke-12 MU

Selama menjadi wasit, Howard Webb sudah memimpin 47 pertandingan yang dimainkan oleh MU dan mayoritas pertandingan dimenangkan oleh Setan Merah.

Liputan6.com, Manchester - Howard Webb sudah bertugas lebih dari satu dekade sebagai wasit di Liga Inggris. Selama bertugas, dia selalu mendapat tudingan sebagai pemain ke-12 Manchester United (MU).

Dia menjadi wasit Liga Inggris pada 2003 hingga 2014. Selama menjadi wasit, Howard Webb sudah memimpin 47 pertandingan yang dimainkan oleh MU. Tercatat, sebanyak 29 pertandingan yang diwasiti oleh Howard Webb dimenangkan oleh MU. Sisanya, Setan Merah meraih enam hasil imbang dan 12 kekalahan.

Salah satu keputusan kontroversial Webb saat memimpin pertandingan MU terjadi pada April 2009. Ketika itu Setan Merah menghadapi Tottenham Hotspur dan MU sudah tertinggal dua gol melalui Darren Bent dan Luka Modric.

Di laga ini, MU butuh kemenangan untuk menjadi peluang juara Liga Inggris. Gol yang ditunggu Setan Merah baru datang di menit ke-57 melalui eksekusi tendangan penalti Cristiano Ronaldo.

Penalti untuk MU dinilai sebagai keputusan kontroversial Webb. Saat itu, Wayne Rooney, melepaskan umpan terobosan mematikan kepada Michael Carrick yang berhadapan dengan penjaga gawang Spurs, Heurelho Gomes.

Mencoba mengecoh Gomes, Carrick terjatuh dan Webb menunjuk titik penalti. Keputusan tersebut menimbulkan reaksi kaget para pemain Spurs. Bahkan, manajer Spurs kala itu, Harry Redknapp bahkan sampai turun ke pinggir lapangan saking kesalnya dengan keputusan Webb tersebut.

Gomes juga tidak kalah kecewanya. Jika melihat tayangan ulang pertandingan tersebut, Gomes lebih dulu menepis bola Carrick sebelum Carrick terjatuh. Reaksi emosionalnya justru berbuah kartu kuning kepada dirinya dan penalti sukses dikonversi menjadi gol oleh Ronaldo. Setelah gol tersebut, MU terus mencetak gol dan menang 5-2.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Howard Webb Menyesal

Setelah 12 tahun berlalu, Howard Webb mengaku menyesal dengan keputusannya tersebut. Bahkan, dia mengaku telah melakukan kesalahan dengan memberikan MU penalti.

"Beberapa saat setelah memberi penalti, saya langsung sadar kalau keputusan saya salah. Saya berharap Ronaldo gagal menendang penalti tersebut," kata Webb kepada The Athletic.

"Saya melihat Carrick lebih dulu menguasai bola, sebelum saya sadar kalau Gomes lebih dulu mendapat bola. Keputusan saya salah tapi saya tidak bisa berbuat apa-apa," kata mantan wasit yang kini berusia 48 tahun itu melanjutkan.

 

3 dari 3 halaman

Bukan Fans MU

Howard Webb menegaskan, tudingan sebagai pemain ke-12 Setan Merah salah besar. Dia menegaskan bukan pendukung setia klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut.

"Satu-satunya United yang saya dukung adalah Rotherham. Itulah kenyataan yang sebenar-benarnya," ujar Webb mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Howard Webb

  • Sepak Corona

Video Terkini