Sukses

Alasan Bambang Pamungkas Pindah dari Persija ke PBR

Legenda Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, sempat bermain di Pelita Bandung Raya selama setahun pada 2013.

Jakarta- Legenda Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, pernah membuat kejutan dengan bergabung bersama Pelita Bandung Raya (PBR) pada 2013. Padahal, ketika itu PBR bermarkas di Bandung, kota yang selama ini dikenal tidak bersahabat buat pemain Persija.

Bambang Pamungkas mengawali kariernya di Persija Jakarta pada 1999. Pada 2005, Bambang sempat mencoba peruntungan bermain di Malaysia dengan membela Selangor FA.

Sampai 2007, Bambang berhasil memberikan sejumlah gelar untuk Selangor FA berkat penampilan terbaiknya. Setelah itu, Bambang kembali bermain untuk Persija. Namun, pada 2012 pemain asal Semarang itu harus angkat kaki lagi dari Persija karena memiliki perbedaan prinsip dengan manajemen.

Setelah setahun vakum dari dunia sepak bola, Bambang Pamungkas mengejutkan publik dengan bergabung bersama Pelita Bandung Raya. Pemain Timnas Indonesia rentang 1999-2012 itu menyebut ada kesamaan visi antara PBR dan dirinya dalam melihat sepak bola Indonesia.

"Hati saya tergerak untuk memperkuat Pelita Bandung Raya karena kesamaan visi dalam melihat sepak bola Indonesia ketika itu. Walaupun, Pelita Bandung Raya merupakan tim kecil yang tahun sebelumnya berjuang dari degradasi melalui jalur playoff," kata Bambang Pamungkas di akun BEPE20 Channel.

"Pelita Bandung Raya juga kandangnya di Bandung, kota yang sejarahnya tidak begitu baik dengan klub yang selama ini saya bela, yaitu Persija. Namun, bagi saya tak masalah karena saya pesepak bola dan tidak punya musuh di mana pun," ucap pemain yang akrab disapa Bepe.

Pelita Bandung Raya merupakan klub yang terbentuk hasil merger Pelita Jaya dan Bandung Raya. Kedua klub tersebut memiliki tempat khusus buat Bambang Pamungkas sewaktu muda.

Pelita Jaya merupakan klub favorit Bambang Pamungkas ketika masih menjadi siswa di Diklat Salatiga. Adapun Bandung Raya adalah klub yang hampir dibela Bambang Pamungkas setelah lulus sekolah, namun urung terlaksana karena keburu bubar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melegenda Bersama Persija

Pada 2015, Bambang Pamungkas kembali ke Persija Jakarta. Ketika itu, Bepe datang membawa catatan 24 pertandingan dan 10 gol yang dicetaknya bersama Pelita Bandung Raya.

Bambang Pamungkas kemudian berhasil menjadi pemain yang melegenda bersama Persija. Pria berusia 39 tahun itu secara keseluruhan tercatat membela klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut dalam tiga periode, yakni 1999-2005, 2007-2012, dan 2015-2019.

Bepe berhasil mencatatkan 353 pertandingan dan menyumbang 200 gol buat Persija. Bepe juga berhasil mempersembahkan tiga gelar buat Persija ,yakni gelar juara liga pada 2001 dan 2018, serta Piala Presiden 2018.

Bepe gantung sepatu pada pengujung musim 2019. Kini, Bepe menjalani peran baru sebagai manajer Persija.

Sumber: Youtube BEPE20 Channel

Disadur dari Bola.com (penulis Zulfirdaus Harahap)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.