Sukses

2 Penyebab Rohit Chand Setia Bersama Persija Jakarta

Rohit Chand sudah membela Persija Jakarta selama tujuh tahun dalam dua periode.

Jakarta- Rohit Chand termasuk salah satu dari segelintir pemain asing yang memiliki karier panjang di Indonesia. Pemain asal Nepal itu praktis sudah tujuh tahun memperkuat Persija Jakarta dalam dua periode.

Karier Rohit Chand di Indonesia bermula pada 2012 ketika didatangkan PSPS Pekanbaru. Dalam debutnya di Tanah Air, pemain bernomor punggung 32 itu mencatatkan 15 penampilan.

Penampilan apik Rohit Chand mendapatkan perhatian khusus dari Persija dan berhasil mendatangkannya pada 2013. Rohit mengaku, menerima pinangan Persija ketika itu demi mendapatkan pengalaman baru.

"Bergabung ke Persija tentunya banyak pengalaman yang berbeda. Satu di antaranya adalah tekanan bermain di sini, tapi saya sangat menikmatinya. Apalagi ini tim besar," kata Rohit Chand dalam situs resmi klub.

Sampai 2015, Rohit tercatat menjadi pemain penting di lini tengah Persija. Pemain Timnas Nepal itu tercatat tampil dalam 30 pertandingan dan mencetak tiga gol.

Sanksi FIFA yang diterima Indonesia memaksa Rohit untuk hengkang ke Malaysia. Rohit sempat setahun bermain untuk T-Team dan kembali ke negaranya dengan membela Manang Marshyangdi.

Saat meninggalkan Tim Macan Kemayoran, pembayaran gaji Rohit sempat tersendat-sendat. Ia sempat terkatung-katung hidup di Indonesia.

Di musim 2015, kompetisi kasta elite Tanah Air dibekukan. Persija jadi salah satu klub yang terpukul secara finansial.

"Rohit sempat tinggal di mess tanpa listrik, sebelum akhirnya dipindahkan ke rumah kontrakan. Pembayaran gaji dipirit-pirit oleh manajemen Persija," cerita Ratna Mustika, agen pemain yang menaungi Rohit.

Pada 2017, Rohit kembali ke Persija. Sampai saat ini, Rohit masih menjadi pilihan utama di lini tengah Persija dan mencatatkan 92 pertandingan.

"Saya sudah jatuh cinta dengan Jakarta yang saya anggap sebagai rumah kedua. Semua sudah saya dapatkan di kota ini, terutama hal yang berhubungan dengan sepak bola, di mana ini sudah jadi bagian dari hidup," ucap Rohit Chand.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demi Jakmania

Rohit Chand tak menampik banyak mendapatkan tawaran dari klub-klub lain. Namun, semuanya itu dimentahkannya demi bisa terus membela Persija Jakarta.

Buat Rohit, Persija adalah bagian dari hidupnya. Selain itu, faktor dukungan suporter loyal dan militan yang dimiliki Persija, yakni Jakmania membuat Rohit Chand berat untuk melangkah ke klub lainnya.

"Sejatinya saya juga banyak mendapatkan tawaran lain di luar. Namun, Persija selalu ada di hati dan pikiran saya," ujar Rohit Chand.

"Selain itu, juga saya melihat dukungan luar biasa dari Jakmania. Mereka tetap ada, baik ketika tim sedang dalam tren baik maupun sebaliknya. Sekali lagi saya sangat respek kepada mereka," ujar pemain yang sudah memberikan dua gelar juara buat Persija, yaitu trofi Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018.

Sumber: Persija Jakarta

Disadur dari Bola.com (penulis Zulfirdaus Harahap, Published 14/5/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini