Cara Menghindari Bau Mulut saat Berpuasa

Oleh Gayuh Tri Pinjungwati pada 11 Mei 2020, 00:00 WIB
Diperbarui 11 Mei 2020, 00:00 WIB
Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Jakarta - Bagi sebagian orang, mengonsumsi makanan berbau menyengat akan menjadikan bau mulut. Namun tak hanya makanan, kehilangan waktu makan terutama saat berpuasa juga jadi penyebab seseorang mudah mengalami halitosis atau bau mulut yang disebabkan oleh mulut kering. Kekurangan air liur, menyebabkan banyak bakteri yang berkembang di dalam mulut.

Bau mulut tidak hanya memengaruhi kepercayaan diri. Tetapi, juga dapat mengganggu  aktivitas dan pekercakapan sehari-hari dengan orang-orang di sekitar kita.

Berikut 4 tips mencegah bau mulut saat berpuasa agar tetap tampil percaya diri saat berbicara dengan orang di sekitar kita.

1. Mengonsumsi Banyak Air Putih

Dehidrasi mungkin menjadi alasan utama mengapa bau mulut tak tertahankan. Setelah berbuka puasa, pastikan mengonsumsi banyak air putih sepanjang malam dan saat sahur.

Hal ini akan membantu mulut tetap memproduksi air liur untuk mencegah munculnya bakteri berlebih dalam mulut yang menyebabkan bau mulut.


2. Hindari Kopi

ilustrasi kopi penyebab bau mulut/pexels
Perbesar
ilustrasi kopi penyebab bau mulut/pexels

Kopi yang mengandung senyawa sulfur yang tinggi adalah salah satu penyebab utama bau mulut. Saat kafein dari kopi masih tertinggal di dalam mulut dan mulut mengering, inilah penyebab munculnya bau mulut. Usahakan untuk mengurangi konsumsi kopi dan minuman yang mengandung kafein lainnya terutama saat sahur.

3. Menggosok Gigi dengan Baking Soda

Baking soda dipercaya dapat membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Selain itu juga baking soda dapat mengikis karang gigi yang mungkin membuat sebagian orang tampil tidak percaya diri.

Cara membuat pasta gigi dari baking soda ini yaitu dengan mencampurkan ½ sdm baking soda ke dala ¼ gelas air dengan menambahkan 3 potong kulit lemon dan 1 sdt garam. Gunakan sebagai pasta, ini dapat membantu mendukung pH orang yang sehat. 

4. Membersihkan Gigi dengan Benang

Cobalah untuk menggunakan benang setiap hari untuk membersihkan sisa makanan yang tersangkut di antara sela-sela gigi. Jika tidak dapat menggosok gigi saat puasa gunakan benang untuk membersihkan gigi.

Itulah beberapa cara untuk mencegah munculnya bau mulut saat kita sedang berpuasa. Tetap jaga kebersihan mulut, dengan menggosok gigi saat setelah makan sahur  karena ini juga dapat membantu menjaga kebersihan mulut.

Disadur dari Fimela.com (Penulis / Editor Gayuh Tri Pinjungwati, Published 10/5/2020)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya