5 Cara Agar Tak Mudah Mengantuk Setelah Sahur

Oleh Bogi Triyadi pada 10 Mei 2020, 18:30 WIB
Diperbarui 10 Mei 2020, 18:30 WIB
Makan sahur - buka puasa (iStock)
Perbesar
Ilustrasi makan bersama sahur dan buka puasa (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Tidur setelah sahur tidak baik bagi kesehatan. Sebab, usai sahur organ pencernaan masih bekerja untuk mengolah makanan yang dikonsumsi di waktu tersebut.

Karena itu, menahan untuk tidur setelah makan sahur merupakan langkah tepat. Dengan begitu, sistem pencernaan memiliki waktu lebih lama untuk menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dengan lebih baik.

Sedangkan jika tidur setelah sahur, seluruh fungsi tubuh akan beristirahat, termasuk organ pencernaan. Akibatnya, sistem pencernaan tidak punya kesempatan untuk bekerja dengan baik.

Pada akhirnya, akan terjadi timbunan zat di dalam perut. Untuk menghindari keinginan langsung tidur setelah makan sahur, ada 5 tips yang bisa Anda lakukan seperti dikutip dari Klik Dokter:

 

 

2 dari 3 halaman

Cara Menghindari Keinginan Tidur Usai Sahur

Setelah Sahur
Perbesar
Ilustrasi Olahraga Credit: freepik.com

1. Alihkan keinginan tidur dengan mencicil pekerjaan kantor atau menonton televisi.

2. Agar tidak mengantuk dan lemas, Anda dapat menyegarkan tubuh dengan mandi setelah aktvitas sahur. Usahakan menggunakan air dingin, jangan air hangat. Sebab, air hangat justru membuat tubuh menjadi terasa relaks dan Anda bisa semakin mengantuk.

3. Tidur lebih cepat dari waktu biasanya di malam hari. Sehingga saat bangun sahur Anda sudah cukup waktu tidur dan tidak mudah mengantuk.

 

 

3 dari 3 halaman

Cara Lainnya

4. Batasi porsi makan saat sahur. Sebab, semakin banyak makanan yang dikonsumsi, Anda justru akan semakin mudah mengantuk.

5. Kegiatan membersihkan rumah bisa meningkatkan produksi hormon adrenalin dan membuat suasana hati menjadi lebih semangat dalam memulai hari di saat puasa.

Lanjutkan Membaca ↓