Sukses

5 Cara Agar Tak Mudah Mengantuk Setelah Sahur

Menahan untuk tidur setelah makan sahur merupakan langkah tepat. Sebab, organ pencernaan masih bekerja untuk mengolah makanan yang dikonsumsi saat sahut.

Liputan6.com, Jakarta - Tidur setelah sahur tidak baik bagi kesehatan. Sebab, usai sahur organ pencernaan masih bekerja untuk mengolah makanan yang dikonsumsi di waktu tersebut.

Karena itu, menahan untuk tidur setelah makan sahur merupakan langkah tepat. Dengan begitu, sistem pencernaan memiliki waktu lebih lama untuk menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dengan lebih baik.

Sedangkan jika tidur setelah sahur, seluruh fungsi tubuh akan beristirahat, termasuk organ pencernaan. Akibatnya, sistem pencernaan tidak punya kesempatan untuk bekerja dengan baik.

Pada akhirnya, akan terjadi timbunan zat di dalam perut. Untuk menghindari keinginan langsung tidur setelah makan sahur, ada 5 tips yang bisa Anda lakukan seperti dikutip dari Klik Dokter:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menghindari Keinginan Tidur Usai Sahur

1. Alihkan keinginan tidur dengan mencicil pekerjaan kantor atau menonton televisi.

2. Agar tidak mengantuk dan lemas, Anda dapat menyegarkan tubuh dengan mandi setelah aktvitas sahur. Usahakan menggunakan air dingin, jangan air hangat. Sebab, air hangat justru membuat tubuh menjadi terasa relaks dan Anda bisa semakin mengantuk.

3. Tidur lebih cepat dari waktu biasanya di malam hari. Sehingga saat bangun sahur Anda sudah cukup waktu tidur dan tidak mudah mengantuk.

 

 

3 dari 3 halaman

Cara Lainnya

4. Batasi porsi makan saat sahur. Sebab, semakin banyak makanan yang dikonsumsi, Anda justru akan semakin mudah mengantuk.

5. Kegiatan membersihkan rumah bisa meningkatkan produksi hormon adrenalin dan membuat suasana hati menjadi lebih semangat dalam memulai hari di saat puasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini