10 Pesepak Bola Indonesia Termahal Versi Transfermarkt

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 09 Mei 2020, 11:35 WIB
Diperbarui 09 Mei 2020, 11:39 WIB
Febri Hariyadi, Stefano Lilipaly dan Evan Dimas
Perbesar
Febri Hariyadi, Stefano Lilipaly dan Evan Dimas. (Bola.com/Dody Iryawan)

Jakarta - Transfermarkt dikenal sebagai satu di antara situs terlengkap yang menyediakan data statistik seputar sepak bola. Mulai dari rekam jejak pesepak bola hingga nilai pasarnya di bursa transfer. Sepak bola Indonesia tidak luput dari pantauan website asal Jerman tersebut.

Fitur yang menjadi andalan Transfermarkt adalah nilai pasar. Bisa dibilang, angka yang dicantumkan dalam profil pesepak bola adalah kisaran harga jualnya saat ini.

Transfermarkt juga merangkum daftar pemain termahal di setiap kompetisi pada situsnya, seperti Shopee Liga 1 2020 misalnya. Sepuluh pemain berharga tinggi dikuasai oleh pemain asing.

Namun, fitur nilai pasar pemain di Transfermarkt tidak bisa dijadikan patokan. Baik untuk pemain asing dan lokal. Maklum, nilai tersebut hanya sekadar perkiraan.

Berikut 10 pesepak bola Indonesia termahal berdasarkan nilai pasar Transfermarkt. Berikut daftarnya:

2 dari 7 halaman

Stefano Lilipaly (Bali United)

Timnas Indonesia Vs Timor Leste
Perbesar
Gelandang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, menyapa suporter usai mengalahkan Timor Leste pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste. (Bola.com/Yoppy Renato)

Transfermarkt mencantumkan Stefano Lilipaly sebagai pemain Indonesia termahal saat ini. Statusnya sebagai gelandang naturalisasi jebolan Eredivisie dan Eerste Divisie membuat nilai pasarnya di atas rata-rata pemain lokal lain.

Transfermarkt menghargai Lilipaly sebesar 350 ribu euro atau setara dengan Rp5,6 miliar. Jika ada tim yang ingin memboyongnya dari Bali United, maka bersiaplah menyediakan dana sebesar itu.

Sebagai pemain Indonesia termahal, Lilipaly hanya mampu menduduki posisi ke-12 dalam daftar pemain bernilai tinggi di Shopee Liga 1. Kisaran harga pemain berusia 30 tahun ini masih kalah dari Marc Klok dan Bruno Matos.

3 dari 7 halaman

Febri Hariyadi (Persib Bandung)

Febri Hariyadi
Perbesar
Pemain Persib Bandung Febri Hariyadi saat melawan PS TNI pada lanjutan Liga 1 2017 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (05/8/2017). Persien menang 3-1. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Febri Hariyadi adalah pemain Indonesia termahal kedua setelah Lilipaly berdasarkan catatan Transfermarkt. Winger Persib Bandung ini dihargai sebesar 325 ribu euro (Rp5,2 miliar).

Nilai pasar Febri masih berpeluang meningkat mengingat usianya terbilang muda. Pemain berkaki kidal itu baru berumur 24 tahun.

Febri adalah pemain inti Persib dan anggota tetap Timnas Indonesia. Maka tidak salah Transfermarkt menghargai gelandang yang karib dipanggil Bow itu dengan nilai selangit.

4 dari 7 halaman

Evan Dimas (Persija Jakarta)

Bhayangkara vs Persija
Perbesar
Pemain Persija Jakarta merayakan gol yang dicetak Evan Dimas ke gawang Bhayangkara FC pada laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020, Sabtu (14/3/2020). Persija bermain imbang 2-2 atas Bhayangkara. (Bola.com/Yoppy Renato)

Transfermarkt memperkirakan nilai pasar Evan Dimas Darmono menyentuh 300 ribu euro (Rp4,8 miliar) untuk saat ini. Gelandang Persija Jakarta itu adalah satu di antara pemain terbaik Indonesia saat ini.

Evan Dimas adalah pilar Timnas Indonesia mulai dari level usia hingga senior. Pemain berusia 24 tahun ini juga sempat berkarier di Malaysia bersama Selangor FA. Praktis, taksiran harganya dirasa cukup wajar.

5 dari 7 halaman

Riko Simanjuntak (Persija Jakarta)

Piala Indonesia 2019: Persija Jakarta Vs Bali United
Perbesar
Gelandang Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, saat melawan Bali United pada laga Piala Indonesia 2019 di Stadion Wibawa Mukti, Minggu (5/5). Persija menang 1-0 atas Bali United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Rekan setim Evan Dimas di Persija, Riko Simanjuntak, menduduki posisi keempat pemain termahal Indonesia versi Transfermarkt. Sama seperti kompatriotnya itu, pemain bertubuh mungil ini juga dihargai sebesar 300 ribu euro (Rp4,8 m).

Nilai pasar Riko terus mengangkat naik setelah performa apiknya bersama Persija dalam dua musim belakangan. Bahkan pada tahun pertamanya di ibu kota, eks pemain Semen Padang ini mampu mengantar tim ibu kota menjuarai Liga 1 2018.

6 dari 7 halaman

Ilija Spasojevic (Bali United)

Ilija Spasojevic (Bali United)
Perbesar
Selebrasi striker Bali United, Ilija Spasojevic, ke gawang Arema di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar (24/8/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Serupa dengan Evan Dimas dan Riko, nilai pasar Ilija Spasojevic juga ditaksir pada angka 300 ribu euro oleh Transfermarkt. Maklum, penyerang Bali United itu adalah satu di antara pemain tersukses di Indonesia saat ini.

Spaso, panggilannya, mengoleksi dua gelar Liga 1 bersama Bhayangkara FC pada 2017 dan Bali United pada 2019. Bomber berusia 32 tahun ini juga merupakan langganan Timnas Indonesia setelah berganti kewarganegaraan dari Montenegro pada 2017 lalu.

7 dari 7 halaman

Lima Pemain Termahal Lainnya

Shopee Liga 1 : Persija Jakarta Vs Borneo FC
Perbesar
Penyerang Persija Jakarta, Osvaldo Haay, melakukan selebrasi usai membobol gawang Borneo FC pada laga Shopee Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Minggu, (1/3/2020). Persija menang 3-2 atas Borneo FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
  • 6. Osvaldo Haay (Persija Jakarta): 300 ribu euro (Rp4,8 m)
  • 7. Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta): 300 ribu euro (Rp4,8 m)
  • 8. Ricky Fajrin (Bali United): 300 ribu euro (Rp4,8 m)
  • 9. Hansamu Yama (Persebaya Surabaya): 300 ribu euro (Rp4,8 m)
  • 10. Rizky Rizaldi Pora (Barito Putera): 300 ribu euro (Rp4,8 m)

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa / Editor Benediktus Gerendo Pradigdo, Published 9/5/2020)

Lanjutkan Membaca ↓