Premier League Belum Dapat Izin Pemerintah Inggris untuk Dilanjutkan

Oleh Windi.Wicaksono pada 09 Mei 2020, 09:30 WIB
Diperbarui 09 Mei 2020, 09:30 WIB
Liga Inggris
Perbesar
Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)

Liputan6.com, London - Kompetisi Premier League musim ini belum mendapatkan izin dari pemerintah Inggris untuk dilanjutkan. Hal itu ditegaskan Menteri Kebudayaan Inggris, Oliver Dowden.

Namun, Oliver Dowden, mengakui pihaknya berharap Premier League musim ini dapat dirampungkan. Tapi, dia menilai masih terdapat halangan yang memengaruhi keputusan pemerintah untuk melanjutkan kompetisi sepak bola Inggris.

Seperti dilansir AFP, klub telah diinformasikan mengenai ide pertandingan sisa Premier League musim ini berlangsung di venue netral. Sebab, hanya itu jalan satu-satunya yang disetujui agar kompetisi dapat dilanjutkan.

Ide memilih venue netral tidak lain supaya mencegah terjadinya perkumpulan suporter di dekat stadion saat pertandingan berlangsung. Tapi, bebera klub Premier League menentang ide tersebut.

Kepala eksekutif Brighton & Hove Albion, Paul Barber, salah satu klub Premier League yang keberatan dengan ide venue netral, karena melepas keuntungan menjadi tuan rumah. Sebab, dalam sembilan laga sisa klubnya, lima di antaranya berlangsung di kandang sendiri.

Oliver Dowden sendiri menekankan butuh rencana yang tepat sebelum kompetisi sepak bola bisa dilanjutkan. Dia menyatakan bahwa yang terpenting nantinya adalah kesehatan dan keselamatan para pelaku di lapangan hijau seperti pemain, pelatih, dan wasit.

2 dari 3 halaman

Rencana Tepat

Ilustrasi Barclays Premier League
Perbesar
Ilustrasi Barclays Premier League (Liputan6.com/Sangaji)

"Mereka (pemerintah Inggris) belum memberikan lampu hijau. Jika kami mendapatkan rencana yang tepat, maka saya ingin kita bisa melanjutkannya sesegera mungkin karena itu bagus untuk negara dan sepak bola keseluruhan," terang Dowden, seperti dilansir BBC.

"Saya sangat berharap kita dapat menjalankan ini, tetapi keselamatan publik harus didahulukan. Jika kita yakin dengan hal itu, baru kita bisa melanjutkan (liga)," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Rapat Klub

Pada Senin (11/5/2020), perwakilan seluruh klub Premier League melakukan rapat terkait rencana kelanjutan kompetisi dan protokol kesehatan yang dipakai apabila pertandingan bisa digelar lagi.

Lanjutkan Membaca ↓