Sukses

MotoGP Siapkan Jerez Gelar 2 Balapan Beruntun pada Juli 2020

Jerez bukan hanya disiapkan untuk hanya menggelar balapan pembuka MotoGP 2020, tapi langsung menghelat dua seri sekaligus.

Jakarta Dorna siapkan rencana baru untuk seri pembuka MotoGP 2020. Jerez bukan hanya disiapkan untuk hanya menggelar balapan pembuka, tapi langsung menghelat dua seri sekaligus. 

Seperti dilansir Speedweek, Kamis (7/5/2020), negosisasi antara Dorna selaku penyelenggara MotoGP dan pemerintah wilayah Andalusia Spanyol, terus berlangsung untuk mematangkan rencana tersebut. Jerez diagendakan menghelat balapan pada 19 Juli dan 26 Juli. 

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, dikabarkan menggelar rapat virtual pada Kamis waktu setempat untuk membicarakan lebih detail tentang kesepakatan dua balapan tersebut. Kabar tentang rencana tersebut juga sudah dilansir media lokal, Diario de Jerez, pada Rabu (6/5/2020) pagi. 

Pemerintah wilayah Andalusia dikabarkan sangat mendukung rencana tersebut. Adapun Walikota Jerez, Mamen Sanchez, menyebut kesempatan untuk menggelar balapan pembuka MotoGP 2020 di Sirkuit Angel Nieto tersebut sebagai tawaran yang sulit ditolak. 

Selain dua balapan MotoGP, Dorna juga berencana menggelar seri Superbike di tempat yang sama pada 2 Agustus. 

"Ketika izin dari pemerintah Spanyol sudah diberikan, tiga event tersebut akan diajukan ke FIM untuk dimasukkan ke kalender mereka," tulis pernyataan resmi MotoGP. 

"Balapan pertama akan diberi nama MotoGP Spanyol, yang menjadi pembuka musim kelas MotoGP. Sedangkan balapan kedua diberi nama MotoGP Andalusia," imbuh pernyataan tersebut.   

Wacana menggelar seri pembuka MotoGP 2020 di Jerez sudah mencuat sejak beberapa pekan terakhir. Buktinya, sekitar 450 ton kargo yang berisi perlengkapan tim langsung diterbangkan ke Spanyol dari Doha menggunakan lima kargo jumbo Boeing 747.

Kargo-kargo tersebut kini disimpan di Lleida, salah satu kota di Spanyol. Hanya tim-tim individu seperti Liqui-Moly-Intact, yang menerbangkan barangnya ke markas masing-masing. 

Seperti diketahui, MotoGP 2020 belum menggelar satu pun balapan karena dampak pandemi virus corona. Dorna baru menggelar satu seri Moto2 dan Moto3 di Doha, Qatar.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Tunggu Perkembangan Pandemi Virus Corona

Rencana perhelatan seri pembuka MotoGP 2020 tentu saja tetap menunggu perkembangan kondisi pandemi virus corona di Spanyol. Bagaimana pun Spanyol merupakan satu di antara negara di Eropa yang terdampak parah oleh wabah tersebut. 

Dorna masih harus menunggu izin resmi dari otoritas kesehatan Spanyol untuk benar-benar bisa menyelenggarakan balapan di Jerez. 

Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para pembalap dan seluruh pihak yang terlibat balapan, seri MotoGP di Jerez akan berlangsung tanpa penonton. 

Dorna juga membatasi jumlah orang yang bisa berada di paddock. Rencananya, jumlah yang diizinkan di paddock sekitar 1.000 hingga 1.300 orang. 

Sumber: Speedweek

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Yus Mei Sawitri, published 8/5/2020)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini