Sukses

Gaya Kepelatihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia: Disiplin Tinggi dan Genjot Fisik

Bayu Pradana mengakui, gaya melatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia sangat berat karena menekankan kemampuan fisik.

Jakarta - Gelandang Barito Putera, Bayu Prandana, buka suara terkait kesannya pada gaya kepelatihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Menurut Bayu, metode pelatihan yang diterapkan pelatih asal Korea Selatan itu sangat berat karena menekankan kemampuan fisik.

Bayu Pradana menjadi satu dari 34 pemain yang ikut dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong pada awal Februari 2020 lalu.

Pada sesi latihan tatap muka pertama dengan pelatih asal Korea Selatan itu, para pemain Indonesia dibuat geleng-geleng kepala karena beratnya metode yang diberikan.

"Setiap pelatih kan berbeda-beda gaya kepelatihannya. Coach Shin Tae-yong ini sangat disiplin dan sangat bagus lah latihan fisiknya buat pemain-pemain," kata Bayu Pradana di akun YouTube Koko Jersey.

Intensitas tinggi latihan ala Shin Tae-yong di Timnas Indonesia bahkan memakan korban. Bayu Pradana harus pulang dari pemusatan latihan tersebut karena mengalami cedera kaki kiri.

"Setelah mengalami cedera pada pemusatan latihan Timnas Indonesia, saya sempat dua pekan tidak latihan. Mungkin karena sudah waktunya cedera dan lagi off season sehingga otot-otot kaget dengan latihan seperti itu," ujar pemain berusia 29 tahun tersebut.

Cedera yang dialami Bayu Pradana pada pemusatan latihan Timnas Indonesia membuatnya absen membela Barito Putera dalam dua laga awal Shopee Liga 1 2020. Absennya pemain asal Semarang itu berdampak langsung pada Barito Putera yang menelan dua kekalahan beruntun pada awal musim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Genjot Fisik

Pelatih Shin Tae-yong ketika itu mengakui sengaja menggenjot fisik pemain Timnas Indonesia yang disebutnya berantakan.

Selama pemusatan latihan itu, pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu menyebut sudah ada peningkatan kemampuan fisik dari pemain.

"Pada awalnya fisik para pemain Indonesia berantakan. Setelah mereka berlari selama 20 menit, mereka mulai jalan dan tidak memiliki hasrat untuk bermain," kata Shin Tae-yong.

 

 

3 dari 3 halaman

Rencana Berantakan

Shin Tae-yong mengaku sudah memiliki rencana untuk kembali melakukan pemusatan latihan yakni di Korea Selatan, namun harus terganggu adanya pandemi virus corona.

"Saya sudah membuat rencana untuk setiap periode, akan tetapi sekarang saya harus memulai kembali dari nol karena pandemi virus corona," ucap Shin Tae-yong.

Sumber: Youtube Koko Jersey, Korea JoongAng Daily

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaud Harahap / Rizki Hidayat)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini