Wasit Senior Italia Akui Perlu Kerja Ekstra Keras untuk Lanjutkan Serie A

Oleh Liputan6.com pada 07 Mei 2020, 20:45 WIB
Diperbarui 07 Mei 2020, 20:45 WIB
Sepinya Duel Juventus vs Inter Milan di Tengah Ancaman Virus Corona

Roma - Nicola Rizzoli, wasit senior Serie A menjelaskan betapa sulitnya melanjutkan sisa kompetisi musim ini. Dibutuhkan banyak penyesuaian dan protokol kesehatan super ketat terkait pandemi virus corona COVID-19.

Saat ini klub-klub Serie A mulai bersiap menempuh latihan bertahap. Sepekan terakhir para pemain mulai menjalani tes medis untuk memastikan kondisi mereka steril dari virus corona Covid-19.

Jika segalanya berjalan lancar, seharusnya para pemain bisa kembali berlatih mulai pekan depan, bahkan akhir pekan ini. Tentu mereka tidak boleh langsung berlatih bersama tim, harus bertahap mulai dari latihan individu, kelompok kecil, sampai akhirnya latihan penuh.

Menunggu sekitar satu bulan lagi untuk memulai pertandingan tampak terlalu lama dan bertele-tele, tap Rizzoli menegaskan masih ada beberapa masalah yang harus diselesaikan. Sampai sekarang, belum ada protokol yang jelas untuk mulai menggelar pertandingan Serie A lagi.

"Kami harus memulai dengan sikap yang berbeda, khususnya ketika bicara soal social distancing, tentu demi menghindari risiko," ujar Rizzoli kepada Football Italia.

"Kami juga membutuhkan langkah-langkah perubahan perilaku yang tepat, yang saya harap bisa jadi hal positif untuk semua orang. Saat ini kami masih bekerja bersama UEFA dan liga-liga mayor lainnya untuk merancang kode perilaku," katanya lagi.

2 dari 2 halaman

5 Pergantian Pemain

Nicola Rizzoli
Nicola Rizzoli bakal pimpin laga Inggris vs Rusia di Piala Eropa. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Perubahan perilaku yang dimaksud Rizzoli di atas adalah tentang kebiasaan-kebiasaan pemain, staf, pelatih, dan penyelenggara pertandingan di stadion. Sekarang mereka harus membatasi kebiasaan-kebiasaan itu.

"Kami juga masih mencari cara untuk mengurangi risiko seminimal mungkin, misalnya biasanya ada empat orang di ruang VAR, sekarang hanya akan ada tiga orang, semuanya harus mengenakan masker dan sarung tangan," sambung Rizzoli.

"Saya yakin FIFA berniat mengizinkan lima pergantian pemain. Pada tahap ini, musim akan dilanjutkan dalam kondisi sulit, jadwal padat, temperatur tinggi."

"Kita semua harus saling membantu," tandasnya.

Sumber asli: Football Italia

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 7/5/2020)

Lanjutkan Membaca ↓