6 Sayur Penuh Manfaat yang Bagus Dimakan saat Sahur

Oleh Rheza Aditya Gradianto pada 08 Mei 2020, 03:00 WIB
Diperbarui 08 Mei 2020, 03:00 WIB
Makan sahur - buka puasa
Perbesar
Ilustrasi makan bersama sahur dan buka puasa (iStockphoto)

Jakarta - Umat musli di seluruh dunia menantikan bulan penuh berkah Ramadan, tidak terkecuali di Indonesia.

Saat bulan Ramadan, semua umat muslim diwajibkan melakukan puasa, yang berarti tidak mengonsumsi makanan atau minuman apa pun selama jangka waktu tertentu.

Walau dalam seharian tidak diizinkan mengonsumsi asupan apa pun, hal tersebut tidak membuat kita berhenti dalam mengonsumsi makanan sehat yang memiliki banyak nutrisi.

Dengan mengonsumsi banyak makanan yang kaya akan nutrisi, dapat menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Mengonsumsi makanan sehat saat bulan Ramadan dapat dilakukan saat berbuka atau saat sahur. Mengonsumsi makanan bernutrisi saat sahur dapat memberikan tambahan energi untuk melewati hari saat melakukan puasa.

Ada banyak jenis makanan bernutrisi yang dapat dikonsumsi saat sahur, satu di antaranya adalah sayur. Sayur memiliki banyak nutrisi yang dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Beberapa jenis sayur seperti tomat, wortel, daun selada, dan brokoli mungkin bisa Anda masukan ke daftar makanan saat bersantap sahur.

Berikut Bola.com merangkum dari beberapa sumber, enam jenis sayuran kaya nutrisi yang baik dikonsumsi saat sahur selama bulan Ramadan:

2 dari 4 halaman

Daun Selada

Selada
Perbesar
ilustrasi selada/copyright Unsplash/Adolfo Félix

1. Daun Selada

Mengonsumsi berbagai macam sayuran yang mengandung banyak serat saat sahur dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga membantu menjalani puasa dalam sehari dengan lebih lancar.

Satu di antara sayuran yang kaya akan serat adalah selada. Mengonsumsi selada saat sahur dapat mencukupi kebutuhan serat dalam sehari. Selada juga mengandung banyak air sehingga dapat membuat tubuh Anda terhidrasi.

2. Lobak

Lobak merupakan satu di antara banyak sayuran yang kaya kandungan vitamin C dan air. Lobak juga memiliki sifat antioksidan.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada lobak dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh seseorang dan sifat antioksidannya dapat menangkal berbagai radikal bebas.

Mengonsumsi lobak saat sahur dapat memberikan manfaat kesehatan saat melaukan puasa dan menghindarkan kita dari berbagai jenis penyakit.

3 dari 4 halaman

Ubi

Ilustrasi ubi jalar
Perbesar
Ilustrasi ubi jalar (iStock)

3. Ubi

Ubi jalar kaya kandungan vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin ini dalam sehari. Selain itu ubi mengandung banyak serat.

Mengonsumsi ubi saat waktu sahur, dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh berkat vitamin C yang dimiliki ubi, dan dapat membuat perut kenyang lebih lama karena kandungan seratnya.

Kandungan serat yang ada dalam ubi juga dapat meningkatkan reaksi insulin yang pada akhirnya dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

4. Tomat

Wortel mungkin menjadi satu di antara banyak jenis sayuran yang sering dijadikan bahan masakan. Wortel baik dikonsumsi saat melakukan sahur karena berbagai manfaatnya.

Wortel mengandung banyak vitamin A dan beta karoten yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan mata.

4 dari 4 halaman

Brokoli

Brokoli
Perbesar
Brokoli / Sumber: iStokphoto

5. Brokoli

Saat sahur kita dapat mengonsumsi brokoli dengan berbagai cara, seperti mencampurkannya dengan sup atau membuatnya sebagai campuran tumis yang menyehatkan tubuh.

Brokoli merupakan satu di antara sayuran hijau yang dapat memberikan banyak manfaat jika dikonsumsi secara rutin. Hal tersebut karena brokoli kaya serat serta vitamin D.

Serat yang terkandung dalam brokoli dapat melancarkan buang air besar dan menyehatkan sistem pencernaan. Selain itu vitamin D pada brokoli dapat membantu kita dalam penyerapan kalsium.

6. Tomat

Tomat kaya likopen. Senyawa likopen dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk mencegah munculnya berbagai jensi penyakit termasuk kanker dan stroke.

Selain itu mengonsumsi tomat dapat menyehatkan keadaan hati dan menghindarkannya dari hati berlemak.

Saat sahur kita dapat mengonsumsi tomat dengan cara menjadikannya jus atau dicampur dengan berbagai jenis masakan.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Rheza Aditya Gradianto/Editor: Aning Jati, published 7/5/2020)

Lanjutkan Membaca ↓