5 Guna Susu Kurma bagi Kesehatan Tubuh, Bagus untuk Buka Puasa

Oleh Rheza Aditya Gradianto pada 08 Mei 2020, 02:00 WIB
Diperbarui 08 Mei 2020, 02:00 WIB
Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Jakarta - Umat muslim di seluruh dunia menunaikan ibadah puasa selama kurang lebih 30 hari selama Ramadan. Pada periode ini pula tersedia berbagai hidangan yang biasanya hanya dinikmati selama bulan suci. 

Banyak makanan favorit umat muslim di Indonesia untuk sajian buka puasa dan sahur, beberapa di antaranya opor ayam, kolak, es blewah, dan berbagai macam lainnya.

Di sisi lain, saat bulan Ramadan seperti sekarang, kita juga tidak boleh berhenti mengonsumsi makanan sehat. Ada beberapa makanan sehat yang mungkin dapat menjadi makanan atau camilan favorit untuk menemani selama bulan Ramadan.

Satu di antara jenis makanan sehat tersebut adalah kurma. Kurma mungkin menjadi makanan favorit umat muslim pada bulan Ramadan seperti saat ini.

Selain rasanya yang manis, buah kurma juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Selain buahnya yang memiliki banyak manfaat, susu kurma juga bisa menjadi alternatif lain untuk menikmati kurma dan tanpa mengesampingkan manfaatnya.

Susu kurma dibuat dengan cara mencampurkan kurma segar yang telah direndam di dalam air, dengan susu segar atau susu UHT, lalu diblender secara bersamaan.

Ada beberapa manfaat susu kurma bagi kesehatan dan baik dikonsumsi, khususnya saat berbuka puasa Ramadan, seperti dapat membantu menyehatkan jantung dan tulang.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, lima manfaat susu kurma bagi kesehatan tubuh:

2 dari 6 halaman

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Menjaga kesehatan organ jantung sangat penting dilakukan mengingat fungsi jantung yang merupakan organ vital bagi tubuh.

Menjaga kesehatan jantung saat bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan nutrisi tinggi, saat berbuka maupun sahur.

Satu di antara minuman bernutrisi yang dapat dikonsumsi tersebut adalah susu kurma. Berkat kandungan nutrisinya, susu kurma dapat membantu menyehatkan jantung dan menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit.

Susu kurma kaya kalium yang bisa membantu kita menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Buah kurma juga mengandung banyak serat yang dapat menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

3 dari 6 halaman

2. Memperkuat Tulang dan Gigi

Tulang Kuat
Perbesar
Tulang Kuat (sumber: iStockphoto)

Kita wajib menjaga kesehatan tulang dan gigi karena tulang adalah penopang tubuh. Tanpa memiliki tulang yang sehat, kita tidak akan beraktivitas secara normal.

Satu di antara cara untuk menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari berbagai macam masalah adalah berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium.

Satu di antara berbagai macam makanan atau minuman yang mengandung tinggi kalsium adalah susu kurma. Minuman ini dapat Anda minum saat berbuka puasa.

Kalsium adalah komponen utama dalam menjaga kesehatan tulang selain vitamin D, sehingga asupan kalsium yang tercukupi akan membuat tulang kita tetap kuat dan terhindar dari keropos.

Selain itu, kandung kalsium yang cukup tinggi pada susu kurma dapat membuat gigi kita menjadi lebih sehat dan kuat dan dapat terhindar dari kerusakan.

4 dari 6 halaman

3. Membantu Menyembuhkan Sembelit

Ilustrasi toilet
Perbesar
Ilustrasi toilet (iStock)

Sembelit atau kesulitan dalam buang air besar merupakan persoalan yang cukup mengganggu. Hal ini dapat membuat perut menjadi sakit dan terasa keras.

Ada berbagai cara untuk meringankan atau menyembuhkan sembelit, satu di antaranya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bayak serat.

Serat yang terkandung dalam susu kurma tidak hanya dapat menyehatkan jantung, namun juga dapat membantu Anda dalam meringankan sembelit yang sedang dialami.

Kandungan serat yang cukup banyak dalam susu kurma dapat mudah dicerna oleh usus dan membawa air melewati usus, sehingga dapat memperlancar buang air besar

Anda dapat meminum susu kurma secara rutin, kuhususnya di bulan Ramadhan seperti saat ini dan pada waktu berbuka tiba.

5 dari 6 halaman

4. Menyehatkan Sistem Saraf

Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi otak. (Sumber foto: medicalherald.com)

Susu kurma memiliki kandungan vitamin E, natrium, dan kalium sehingga dapat membantu dalam menyehatkan sistem saraf.

Menjaga sistem saraf akan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sistem saraf mengatur banyak hal, satu di antaranya gerak tubuh.

Berbagai kandungan yang berada pada susu kurma dapat membantu otak dalam mengirimkan sinyal ke berbagai organ tubuh, melalui sistem saraf.

Dengan begitu, mengonsumsi susu kurma saat berbuka puasa setelah seharian tidak mendapatkan asupan nutrisi apa pun, akan membantu menyehatkan sistem saraf.

6 dari 6 halaman

5. Mencegah Munculnya Anemia

Ilustrasi anemia
Perbesar
Ilustrasi anemia (iStock)

Setelah seharian berpuasa dan tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman apa pun, mungkin kita dapat mengalami kekurangan darah atau yang biasa disebut anemia.

Namun, dengan mengonsumsi susu kurma saat waktu berbuka puasa, dapat menurunkan risiko terkena anemia. Hal ini karena susu kurma mengandung banyak zat besi.

Zat besi memiliki tugas dalam memproduksi hemoglobin dalam darah. Selain itu zat besi dapat membantu hemoglobin mengalirkan oksigen melalui aliran darah dengan lancar.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Rheza Aditya Gradianto/Editor: Aning Jati, published 7/5/2020)

Lanjutkan Membaca ↓