Jaap Stam: Messi Memang Lebih Layak Raih Ballon d'Or 2019 daripada Van Dijk

Oleh Rizki Hidayat pada 07 Mei 2020, 10:10 WIB
Diperbarui 07 Mei 2020, 10:10 WIB
Lionel Messi
Perbesar
Lionel Messi dan keenam Ballon d'Or yang diraihnya. (AFP/Franck Fife)

Barcelona - Mantan bek Timnas Belanda, Jaap Stam, menganggap Lionel Messi memang layak meraih trofi Ballon d'Or 2019. Bahkan menurutnya, penghargaan itu lebih pantas didapat Messi ketimbang Virgil van Dijk.

La Pulga tampil gemilang bersama Barcelona pada musim lalu. Lionel Messi sukses mencetak 51 gol dari 50 penampilan di seluruh ajang, dan membantu Barcelona merengkuh trofi La Liga 2018-2019.

Berkat penampilannya itu, Messi mendapatkan penghargaan The Best FIFA Men's Player 2019. Gelar individu kapten Timnas Argentina itu pun semakin lengkap, karena meraih Ballon d'Or 2019 sekaligus trofi Bola Emas yang keenam.

Terpilihnya Lionel Messi sebagai yang terbaik dalam penghargaan The Best FIFA Men's Player dan Ballon d'Or tahun lalu menuai kontroversi. Pasalnya, Virgil van Dijk dianggap lebih layak atas trofi tersebut.

Van Dijk tampil gemilang bersama Liverpool pada musim lalu. Berkat perannya di jantung pertahanan, The Reds sukses meraih tiga gelar juara pada 2019, yakni Liga Champions 2018-2019, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lionel Messi Tetap Layak

Lionel Messi Rebut Ballon d'Or 2019
Perbesar
Lionel Messi Rebut Ballon d'Or 2019 (AP)

Jaap Stam berada di kubu yang mendukung Lionel Messi  pantas meraih dua penghargaan pemain terbaik dunia pada tahun lalu. Meski mengakui Van Dijk tampil bagus bersama Liverpool, Stam menilai Messi selalu mampu tampil impresif hampir pada setiap tahun.

"Melihat dunia saat ini, saya menilai Messi masih pemain terbaik. Jika Anda melihat Ballon d'Or dan memenangkan trofi, saya menilai keputusan yang tepat adalah memberikannya kepada Messi," ujar Stam.

"Saya ingin memberikannya kepada Virgil karena saya menilai dia melakukannya dengan baik," lanjut mantan bek Manchester United dan AC Milan itu.

"Bukannya saya tidak ingin Virgil memenangkannya, tetapi saya menilai Messi dan apa yang dia lakukan tahun demi tahun, mencetak gol dan menciptakan gol dengan tekanan di bawahnya, saya merasa dia pantas mendapatkannya," tutur Jaap Stam.

Sumber: Football Espana

Disadur dari Bola.com (Rizki Hidayat)

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Spanyol

 

 

Lanjutkan Membaca ↓