Liga Inggris Bergulir Lagi, Manajer Arsenal Sebut Perlu Ada Edukasi Soal Corona Covid-19

Oleh Luthfie Febrianto pada 06 Mei 2020, 22:00 WIB
Diperbarui 06 Mei 2020, 22:00 WIB
Pelatih Arsenal Mikel Arteta Positif Virus Corona COVID-19

Liputan6.com, London - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta merasa perlu ada edukasi soal virus corona covid-19 sebelum Liga Inggris musim 2019/20 bergulir lagi. Menurut Arteta, tentu ada perbedaan situasi, meski pertandingan sudah bisa digelar lagi.

"Saya kira hal yang paling sulit adalah mengedukasi para pemain dan mereka yang terlibat di latihan dan pertandingan, bahwa ini situasi berbeda," kata Arteta seperti dilansir Sportskeeda.

Sejumlah klub di Liga Inggris mulai mewacanakan untuk menggelar lagi kompetisi setelah rehat lantaran pandemi virus corona. Pada pertemuan Jumat akhir pekan lalu, pertemuan itu menghasilkan rancangan bernama Project Restart.

Inisiatif untuk menggelar lagi kompetisi muncul setelah kasus virus corona mulai mereda. Selain itu, klub-klub juga ingin menghindari kerugian finansial yang lebih besar akibat tidak ada pertandingan.

Ya, beberapa klub sudah memutuskan memotong gaji para pemainnya. Itu dilakukan agar keuangan klub selamat sekaligus dapat membayar gaji para staf yang bekerja di balik layar.

Arteta mengatakan, meski virus corona sudah mereda, mereka yang terlibat dalam pertandingan harus tetap memegang protokol keselamatan.

"Kita harus benar-benar ketat soal protokol. Nanti akan terlihat, kapan kita bisa perlahan memulihan keadaan dan tahapan selanjutnya," kata Arteta, yang sempat dinyatakan positif virus corona.

 

2 dari 3 halaman

Jangan Terburu-buru

Logo Premier League
Logo Premier League. (Footyheadline).

Lebih lanjut, Arteta merasa pihak operator jangan terburu-buru untuk memulihkan kompetisi. Meskipun, ia menyadari sepak bola akan berperan penting bagi masyarakat.

"Kita semua ingin, dan butuh bermain. Ini penting bagi kami, masyarakat, dan ekonomi," katanya.

"Kami punya tanggungjawab itu. Jadi, kami harus siap kapan pun pihak berwenang memberi lampu hijau," ujarnya mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Disiarkan Youtube

Sementara itu, situs layanan penyimpanan video, Youtube, kabarnya siap menyiarkan sejumlah pertandingan Liga Inggris musim ini apabila kompetisi dilanjutkan.

Kebijakan ini dipilih demi menghindari kerumunan suporter yang berpotensi datang ke stadion, walaupun pertandingan digelar secara tertutup atau tanpa penonton.

Lanjutkan Membaca ↓