Francesco Totti, Nyawa Timnas Italia saat Juara Piala Dunia 2006

Oleh Liputan6.com pada 06 Mei 2020, 14:10 WIB
Diperbarui 06 Mei 2020, 14:10 WIB
Francesco Totti
Perbesar
Francesco Totti turut membantu Timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006. (AFP/ROBERTO SCHMIDT)

Jakarta- Timnas Italia sukses merebut trofi Piala Dunia 2006. Prestasi gemilang tersebut tak lepas dari peran sentral  Francesco Totti yang menjadi nyawa dalam permainan Gli Azzurri.

Sepanjang turnamen, eks kapten AS Roma itu tampil dalam tujuh pertandingan Italia, mulai dari penyisihan grup sampai final. Francesco Totti juga mencatatkan total 185 operan dan melepaskan 19 tembakan, serta empat assist, dan satu gol bersama Italia.

Totti bahkan terpilih masuk All-Star Team bersama enam kompatriotnya, yakni Gianluigi Buffon, Fabio Cannavaro, Gianluca Zambrotta, Andrea Pirlo, Gennaro Gattuso, dan Luca Toni.

Totti berkontribusi langsung dalam terciptanya lima gol Italia di Piala Dunia 2006, yakni satu gol dan empat assist. Kontribusinya itu mengalahkan rekan satu timnya di Gli Azzurri.

Totti merancang gol Andrea Pirlo pada menit ke-40, melalui tendangan sudut pendek saat bersua Ghana dalam laga pertama Grup E. Italia pun menang 2-0 atas Ghana.

Totti juga menjadi kreator gol Marco Materazzi dari sepak pojok dalam laga terakhir Grup E. Umpan Francesco Totti tersebut membawa Gli Azzurri menang dua gol tanpa balas atas Republik Ceska.

2 dari 3 halaman

Peran Totti pada Fase Knock-out

Francesco Totti
Perbesar
Francesco Totti memperkuat Timnas Italia menghadapi Jerman pada laga semifinal Piala Dunia 2006, di Signal Iduna Park, 4 Juli 2006. (AFP/Oliver Lang)

Francesco Totti mencetak gol penalti pada injury time untuk memastikan kemenangan 1-0 atas Australia pada 16 besar. Totti kemudian merancang dua gol Italia dalam kemenangan 3-0 atas Ukraina pada perempat final.

Yang pertama adalah gol Gianluca Zambrotta pada menit keenam, kemudian dia membantu Luca Toni mencetak golnya yang kedua pada ke-69

Totti juga terlibat dalam serangan balik cepat Italia, yang berakhir dengan gol Alessandro Del Piero dari assist Alberto Gilardino, untuk memastikan kemenangan 2-0 atas tuan rumah Jerman pada semifinal.

Sumber: Opta

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Gia Yuda Pradana/Published: 05/05/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓