Sukses

3 Striker dengan Assists Terbanyak di Liga Inggris, Wayne Rooney Teratas

Namun di balik statistik gemilang itu, siapa sangka Henry juga masuk ke dalam deretan striker dengan assist terbanyak di Liga Inggris

Liputan6.com, Manchester - Legenda Arsenal, Thierry Henry dikenal sebagai salah satu striker terbaik di Liga Inggris. Total, pria yang kini berusia 42 tahun itu mengantongi 174 gol dari 254 penampilan di Liga Inggris bersama Arsenal (1999/00 - 2006/07).

Namun di balik statistik gemilang itu, siapa sangka Henry juga masuk ke dalam deretan striker dengan assist terbanyak di Liga Inggris. Pria asal Prancis itu mengumpulkan 75 assist saat berkostum Arsenal.

Henry tidak sendirian masuk kategori tersebut. Beberapa nama striker papan atas Liga Inggris juga tercatat sebagai pengumpan yang rajin.

Satu di antaranya malah menyumbang lebih dari 100 assists. Siapakah striker itu?

Melansir Sportskeeda, berikut tiga teratas striker Liga Inggris dengan jumlah assist terbanyak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Wayne Rooney (103 assists)

Nama Rooney harum saat berkostum Manchester United (MU). Bersama MU, Rooney bermain sebanyak 393 kali dan 183 gol di Liga Inggris selama 13 musim (2004/05-2016/17).

Deretan gelar juara pun telah diraihnya. Pemain berjuluk Waaza itu total meraih 16 trofi saat berkostum MU.

Namun catatan gemilang Rooney bukan hanya urusan gol dan trofi. Ya, jebolan akademi Everton itu juga rajin menyumbang assists.

Rooney berada di urutan pertama striker dengan assists terbanyak. Pria yang kini berusia 34 tahun itu telah menyumbang 103 assists sepanjang karier di Liga Inggris baik bersama MU atau Everton.

3 dari 4 halaman

2. Dennis Bergkamp (94 assists)

Di belakang Rooney ada legenda Arsenal, Dennis Bergkamp. Pria asal Belanda itu bersama dengan Henry pernah menjadi duet maut di Liga Inggris.

Kombinasi keduanya kerap ditakuti para lawan Meriam London. Hal itu tidaklah mengherankan jika melihat catatan umpan Bergkamp.

Pria berjuluk The Non Flying Dutchman itu memang tidak sementereng Henry untuk urusan gol. Namun soal assists, Bergkamp lebih unggul dengan catatan 94 assists.

Hal itu tidak terlepas dari peran yang dijalani Bergkamp selama bermain. Ketimbang menjadi ujung tombak utama, Bergkamp kerap ditempatkan sebagai penyerang lubang.

4 dari 4 halaman

3. Teddy Sheringham

Nama Teddy Sheringham tidak bisa lepas dari Manchester United (MU). Bagaimana tidak, Sheringham adalah salah satu striker yang menyumbang gol kemenangan MU di final Liga Champions 1998/99 atas Barcelona, selain Ole Gunnar Solskjaer.

Musim itu pula jadi musim keemasan Sheringham. Pasalnya, ia meraih treble winners bersama MU setelah juara Liga Inggris, dan Piala FA.

Di balik prestasi gemilanganya itu, Sheringham juga menyimpan catatan manis. Ya, ia menyumbang 76 assists selama berkarier di Liga Inggris.

Di Liga Inggris, Sheringham tidak hanya pernah membela MU. Pria yang kini berusia 54 tahun itu juga pernah berkostum Tottenham Hotspur, Portsmouth, dan West Ham United.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini