Sukses

5 Striker Maut dengan Koleksi Assist Terbanyak di Premier League

Lima stiker ini memiliki torehan sssist terbanyak sepanjang sejarah Premier League.

Jakarta - Striker selalu mendapat tekanan yang sangat tinggi, terutama yang bermain di liga yang kompetitif seperti Premier League. Mereka selalu menjadi sorotan utama dan, di sisi lain, berada dalam puncak penerima upah tertinggi di level klub.

Hal itu membuat striker dianggap menjadi pemain paling penting di tim manapun. Tugas utama sang juru gedor adalah mencetak gol untuk meraih kemenangan.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, beberapa striker di Premier League juga berperan besar dalam mencetak assist. Mereka tak lagi menjadi sosok arogan, yang namanya harus berada di papan skor.

Para striker ini mulai berpikir lebih luas dalam permainan. Mereka menyadari tujuan dari sepak bola adalah meraih kemenangan untuk klub bukan menaikkan pamor individu.

Berikut Bola.com merangkum lima striker  garang dengan koleksi assist terbanyak dalam sejarah Premier League, Selasa (5/5/2020).

 

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Wayne Rooney - 103 Assist

Wayne Rooney menjadi striker dengan koleksi assist terbanyak dalam sejarah Premier League. Mantan pemain Manchester United ini memiliki 103 assist yang diukir di Premier League.

Selama di Premier League, Rooney hanya bermain untuk Manchester United dan Everton.

3 dari 6 halaman

2. Dennis Bergkamp - 94 Assist

Dennis Bergkamp merupakan striker andalan Arsenal. Selain garang di depan gawang, Bergkamp juga lihai dalam memberikan umpan.

Tercatat, pemain berpaspor Belanda itu mengoleksi 94 assist di Premier League.

4 dari 6 halaman

3. Teddy Sheringham - 76 Assist

Teddy Sheringham merupakan sosok kunci dalam gol Ole Gunnar Solskjaer di final Liga Champions 1999. Ia merupakan striker tertua yang memenangi Sepatu Emas Premier League.

Sheringham datang pada musim panas 1997 di usia 31 tahun dan pergi pada 2001. Total, selama aktif bermain di Premier League, Sheringham mengoleksi 146 gol dan 76 assist.

5 dari 6 halaman

4. Thierry Henry - 74 Assist

Thierry Henry merupakan striker berkualitas yang pernah dimiliki Arsenal. Selain andal dalam mencetak gol, Henry juga piawai memberikan umpan matang.

Sang pemain masih memegang rekor assist terbanyak dalam satu musim Premier League, yakni 20. Hebatnya saat mencetak rekor tersebut di musim 2002-2003, Henry juga mencetak 24 gol.

Total selama di Premier League, pemain asal Prancis ini mengoleksi 74 assist.

6 dari 6 halaman

5. Andy Cole

Andy Cole merupakan mesin gol Manchester United di masanya. Ia sukses mencetak 93 gol.

Sepanjang karier di Premier League, Cole pernah membela lima tim berbeda. Dari lima tim tersebut, sang pemain mencetak 187 gol dan 73 assist.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari Bola.com (Hanif Sri Yulianto / Aning Jati)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.