Puasa Ramadan, 7 Olahraga yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Oleh Liputan6.com pada 02 Mei 2020, 18:35 WIB
Diperbarui 02 Mei 2020, 18:35 WIB
Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta - Berolahraga saat menjalankan ibadah puasa Ramadan terdengar cukup melelahkan. Namun, perlu diketahui juga saat berpuasa, berat badan akan lebih cepat turun meski hanya sekadar berolahraga ringan.

Jika hanya mengandalkan puasa Ramadan untuk menurunkan berat badan, tentu tidak benar. Dengan menerapkan olahraga yang bisa turunkan berat badan, ini tentu bakal menjadi lebih lengkap lagi. Karena dengan berolahraga saat puasa, tubuh akan menjadi lebih sehat tentunya.

Banyak sekali jenis aktivitas olahraga. Tetapi perlu berhati-hati juga untuk memilihnya, ingat bahwa kamu sedang berpuasa.

Berikut penjelasan mengenai olahraga yang bisa menurunkan berat badan saat berpuasa seperti dikutip dari kanal Ramadan Liputan6.com yang rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (2/5/2020).

2 dari 7 halaman

1. Boxing

[Bintang] Boxing
Perbesar
Woman Boxing | Sumber Foto: ricosboxing.com

Olahraga boxing bisa dilakukan sebelum berbuka puasa maupun sesudah berbuka puasa. Olahraga boxing seperti thai boxing (muay thai) ternyata juga bisa menurunkan berat badan.

Muay thai ini merupakan salah satu jenis olahraga gabungan dari teknik bela diri dan latihan otot. Oahraga ini memang sedikit identik dengan unsur kekerasan. Tetapi tidak perlu khawatir karena olahraga ini juga aman dilakukan bahkan bisa menjaga kebugaran tubuh juga.

Aman karena sekarang olahraga ini disertai dengan pengaman. Misalnya saja, seperti helm, sarung tinju, dan pelindung dada untuk meminimalkan risiko cedera. Gerakan dalam olahraga muay thai ini memang melibatkan seluruh bagian tubuh untuk bergerak. Mulai dari kaki, tangan, lutut, siku, sangat aktif akan menjadi sangat aktif melakukan gerakan.

Menurut para ahli, berbagai jenis variasi gerakan muay thai ini memang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, serta membentuk otot agar tubuh bisa menjadi lebih ramping. Karena dinilai dapat membakar kalori lebih cepat daripada olahraga yang lain.

3 dari 7 halaman

2. Jogging

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Olahraga yang cukup familiar di telinga kita bukan? Ya, olahraga ini sangat bisa dilakukan ketika sedang menjalani puasa. Cukup dengan jogging selama 30 menit sebelum berbuka puasa. Dan perlu diketahui juga bahwa olahraga ini sangat baik bagi kesehatan jantung.

Jogging ini memang mampu meningkatkan detak jantung dan mendorong paru-paru bekerja dengan kapasitas lebih tertinggi. Termasuk bisa mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, dan menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Dan yang paling penting olahraga ini sangat bisa membakar kalori dan lemak.

4 dari 7 halaman

3. Angkat Beban

Latihan angkat beban (iStock)
Perbesar
Ilustrasi angkat beban (iStockphoto)

Jika tidak kuat berolahraga kardio, solusinya bisa dengan melakukan angkat beban. Tetapi tetap jangan terlalu memaksakan untuk mengangkat beban yang terlalu berat, karena bisa berbahaya juga.

Nah, angkat beban ini juga sangat dipercaya mampu meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan massa otot, dan memangkas lemak dengan lebih baik.

5 dari 7 halaman

4. Bersepeda

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Olahraga paling santai dan yang paling penting mampu meningkatkan sistem kardiovaskular, kesehatan pembuluh darah, dan jantung. Olahraga ini bisa dilakukan pada sore hari sebelum berbuka puasa. Atau bisa juga dengan mengandalkan jenis olahraga sepeda statis sebagai alternatifnya.  

Perlu diketahui juga bersepeda ini menurunkan trik penurunan berat badan secara alami yang paling aman dilakukan. Hal ini disebabkan karena olahraga bersepeda sangat bisa membakar kalori lebih efektif sekaligus sangat baik untuk membangun massa otot terutama pada bagian betis dan paha.

6 dari 7 halaman

5. Beban Tubuh

Modifikasi Push-up handstand
Perbesar
Modifikasi Push-up handstand (sumber: reviewjournal)

Jenis olahraga yang cukup sederhana. Bisa dilakukan kapan saja dan tanpa menggunakan alat apapun. Misalnya, bisa dengan mencoba push up, sit up, jumping jack, tentu saja agar tubuh tetap aktif bergerak.

Dan jika bisa dilakukan lebih rutin dan konsisten, olahraga ini sangat bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Tentu saja selain secara konsisten, perlu diperhatikan juga durasi dan frekuensi yang tepat.

7 dari 7 halaman

6. Jalan Cepat

Ilustrasi jalan kaki olahraga untuk orang dengan nyeri lutut (iStock)
Perbesar
Ilustrasi jalan kaki olahraga untuk orang dengan nyeri lutut (iStock)

Olahraga jalan kaki cepat ternyata juga bisa membantu menurunkan berat badan loh. Sangat mudah dilakukan dan sangat efektif untuk membantu membakar kalorimu. Bisa dengan mengitari halaman rumah atau juga di sekitar kompeks.

Dan dilakukan saat pagi hari atau juga sore hari menjelang berbuka puasa. Dengan melakukannya lebih rutin, pembakaran kalori juga akan lebih konsisten.

7. Naik Turun Tangga

Olahraga yang juga tidak kalah efektif dan mudah. Dengan naik turun tangga selama 10 menit ternyata sangat mampu membantu menurunkan kalori dalam tubuh. Bisa dilakukan di tempat kerja atau juga di rumah menjelang berbuka puasa.

 

Disadur dari Liputan6.com (Penulis Laudia Tysara / Editor Fadila Adelin, Published 2/5/2020)

Lanjutkan Membaca ↓