14 Andalan Real Madrid yang Pernah Dicaci Suporter Sendiri, Tidak Pandang Bulu

Oleh Yus Mei Sawitri pada 02 Mei 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 02 Mei 2020, 08:00 WIB
Jersey Real Madrid
Perbesar
Zinedine Zidane mengenakan jersey Real Madrid. (FOTO / La Liga)

Jakarta - Real Madrid bukan klub sembarangan. Standar yang dimiliki Los Blancos begitu tinggi. Tidak heran jika mereka selalu ingin menjadi tim terbaik di Eropa, bahkan dunia.

Bukti sahih besarnya ambisi Real Madrid adalah saat membentuk Los Galacticos jilid pertama dan kedua. Klub Ibu Kota Spanyol itu tak keberatan merogoh kocek dalam-dalam untuk mendatangkan pemain-pemain terbaik dari berbagai penjuru dunia. 

Pemain yang didatangkan bukan yang berlabel sembarangan. Bintang-bintang terus diboyong meski banderolnya selangit. 

Ambisi besar pihak klub menular ke suporter. Fans selalu memasang ekspektasi tinggi di setiap musim. Tak ada gelar sama saja dengan malapetaka. 

Suporter juga menuntut permainan gemilang dari para pemain, terutama yang berlabel bintang. Jika sang pemain gagal memenuhi harapan, siap-siap saja menuai cemoohan. 

Fans Real Madrid dikenal sering mencemooh atau mengejek pemainnya sendiri di Santiago Berbaneu. Tentu saja tak semua pemain kena cemooh. Mereka yang kena cemooh adalah yang dianggap tampil mengecewakan padahal semula diharapkan berkontribusi besar. 

Berikut ini 14 bintang Real Madrid yang pernah dicemooh fans sendiri di Santiago Bernabeu, seperti dilansir Give Me Sport.

2 dari 10 halaman

1. Gareth Bale

Real Madrid Vs Manchester City
Perbesar
Penyerang Real Madrid, Gareth Bale. (AP/Manu Fernandez)

Kepindahan Gareth Bale dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid pada 2013 bagaikan impian yang menjadi kenyataan bagi sang pemain.  Statistik Bale selama di Tottenham dinilai akan menjadi modal baginya bersinar di Santiago Bernabeu. 

Namun, statistik hanya tinggal statistik. Petualangan Gareth Bale di Real Madrid jauh dari mengesankan. Dia beberapa kali direcoki cedera, hingga mulai menghadapi masalah karena sering menghangatkan bangku cadangan. 

Pemain asal Wales itu terlihat tak rukun dengan pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. Dia juga menyulut kontroversi ketika malah bermain golf saat tak gabung ke skuat Real Madrid gara-gara alasan sakit. 

Hubungan Bale dengan Real Madrid makin memburuk setelah tertangkap kamera melakukan selebrasi kontroversial saat Timnas Wales memastikan lolos ke Piala Eropa 2020. Dia berselebrasi dengan memegang spanduk bertuliskan "Wales, Golf, Madrid...In that order." Tingkahnya benar-benar menohok fans Real Madrid. 

Tak heran, Gareth Bale dicemooh saat dimainkan pada laga Real Madrid menjamu Real Sociedad di Stadion Santiago Bernabeu dalam lanjutan La Liga 2019-2020, Minggu (24/11/2019) dini hari WIB. 

Ini merupakan laga pertama Gareth Bale bersama Real Madrid sejak 5 Oktober 2019. Namun, bukan sambutan hangat yang diterimanya dari kalangan suporter sendiri, melainkan justru cemoohan.

 Pemain Timnas Wales yang belakangan jadi sorotan itu, masuk menit ke-66, menggantikan Rodrygo. Tanda-tanda ia mendapat ejekan sudah muncul saat ia melakukan pemanasan di tepi lapangan.

Suporter Real Madrid di beberapa tribune terlihat bertepuk tangan untuk mendukung Bale, namun sebagian besar tampaknya menyuarakan ketidakpuasan mereka setelah peristiwa baru-baru ini, dengan mengejek setiap kali mantan pemain Tottenham Hotspur itu menyentuh bola.

Fan Real Madrid yang masih jengkel, membalas aksi Gareth Bale itu dalam laga ini dengan membawa banner bertuliskan "Rodrygo, Vini (Vinicius Junior), Lucas (Vazquez), Bale. In that order". Itu mungkin hari terberat Bale sepanjang memperkuat Real Madrid. 

 

3 dari 10 halaman

2. Alfredo Di Stefano

Messi Pimpim Daftar Peraih Ballon d'Or Terbanyak
Perbesar
Legenda Sepak Bola Asal Spanyol Alfredo Di Stefano. (AFP Photo/STAFF)

Alfredo Di Stefano bisa dibilang pemain terbaik yang pernah mengenakan jersey Real Madrid. Stefano membantu Los Blancos menyabet lima gelar Liga Champions dan delapan titel La Liga kepada Madrid.

Namun, berbagai prestasi mentereng itu tak membuat Di Stefano kebal dari ejekan dan cemoohan. Dia disoraki karena pernah tampil dalam iklan yang membuat fans Real Madrid tersinggung. 

Pada Natal 1962, dia terlibat dalam iklan yang memunculkan gambar dirinya memakai jersey Real Madrid dan dilengkapi dengan memakai stoking.

Insiden itu membuatnya disoraki saat Real Madrid meladeni Athletic Bilbao di Santiago Bernabeu pada laga itu. Namun, sumbangan dua golnya berhasil membungkam kritikan. 

 

4 dari 10 halaman

3. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo
Perbesar
Cristiano Ronaldo saat memperkuat. (AFP/Gerard Julien)

Ya benar, Cristiano Ronaldo masuk daftar ini. Bahkan, top scorer sepanjang masa Real Madrid itu tak kebal dari kebiasaan buruk suporter El Real. 

Sepanjang musim 2016-2017, Ronaldo beberapa kali kena sorakan penonton. Saking kesalnya, Ronaldo sampai membuat pernyataan publik tentang kelakukan yang diterimanya itu. 

"Hal seperti tak akan pernah terjadi di Manchester. Saya benar-benar tidak menyukainya," kata Ronaldo. Gara-gara ucapan Ronaldo itu, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, sampai harus dipaksa membela sang bintang di hadapan publik. 

 

5 dari 10 halaman

4. Iker Casillas

Iker Casillas
Perbesar
Iker Casillas (Christof Stache/AFP)

Iker Casillas bisa dibilang kiper terbaik dalam sejarah Real Madrid dan mungkin salah satu kapten yang sangat dicintai rekan-rekan setimnya maupun fans. 

Namun, hari terakhirnya di Santiago Bernabeu pada 2015 benar-benar berat. Bahkan, fans terang-terangan menunjukkan waktu Casillas di Madrid sudah berakhir. Dia mendapat cemoohan sendiri dari fans Real Madrid. 

 

6 dari 10 halaman

5. Michel

Michel selalu menjadi Madridista alias fans Real Madrid. Jadi ketika dia dicemooh oleh fans yang dicintainya pada 1989, dia patah hati dan terluka. 

"Rasanya seperti ayahmu memarahimu setiap hari dan bahkan pada hari pernikahanmu," kata Michel kepada Cadena SER.

Michel bisa pulih dari insiden buruk itu. Tapi, dia tak pernah bisa kembali menjadi pemain yang sama. Ironisnya, dia kembali dicemooh dengan brutal oleh fans Real Madrid dua tahun berselang.  

 

7 dari 10 halaman

6. Emilio Butragueno

emilio butragueno
Perbesar
Direktur Real Madrid, Emilio Butragueno. (AFP/Fabrice Coffrini)

Emilio Butragueno, yang kini menjadi direktur Real Madrid, tampil membela Gareth Bale terkait insiden pada akhir pekan lalu.

Dia melakukan itu karena pernah mengalami nasib serupa pada 1994. Butragueno pernah diterpa badai cemoohan dari fans. Jadi, dia tahu betul rasanya malah dimusuhi suporternya sendiri. 

 

  

8 dari 10 halaman

7. Guti Hernandez

Pengganti Santiago Solari Arsiteki Skuat Real Madrid
Perbesar
Guti Hernandez. (AFP/Pierre Philippe Marcou)

Guti Hernandez punya kontribusi penting bagi Real Madrid hingga musim 2009-2019. Guti ikut andil mempersembahkan lima titel La Liga dan dua gelar Copa Del Rey. 

Lalu mengapa Guti jadi sasaran cemoohan fans? Fans kesal karena melihat Guti sering malas-malasan dalam merebut bola. Dia juga disebut tak paham dengan taktik pelatih. 

 

9 dari 10 halaman

8. Zinedine Zidane

Pemain Bernomor Punggung 5 Terbaik Sepanjang Masa
Perbesar
Zinedine Zidane. (AFP/Philippe Desmazes)

Kiprah Zinedine Zidane di Real Madrid tak perlu dipertanyakan. Namun, dia memulai perjuangannya di Santiago Bernabeu dengan tidak mudah. 

Zidane butuh beradaptasi di klub sebesar Rel Madrid. Namun, tak mudah beradatasi pada waktu singkat. Fans yang kehilangan kesabaran mulai menyoraki Zidane dalam beberapa pertandingan. 

Namun, Zidane perlahan membalas kritikan dengan menyuguhkan tampilan apik bersama Los Blancos.  

 

10 dari 10 halaman

Pemian Lain yang Masuk Daftar

James Rodriguez dan Pemain Bintang yang Redup di Real Madrid
Perbesar
Kaka. (AFP/Christof Stache)

Sayangnya daftar pemain bintang yang pernah dicemooh Real Madrid tak berhenti sampai di sana. Masih ada beberapa pemain bintang Real Madrid yang pernah diejek suporternya sendiri. 

Siapa lagi penghuni daftar tersebut. Berikut perinciannya: 

9. Kaka

10. Karim Benzema

11. Hugo Sanchez

12. Fernando Hierro

13. Martin Vasquez

14. Juanito 

 

Sumber: Give Me Sport

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Yus Mei Sawitri/Editor: Yus Mei Sawitri, published 1/5/2020)

Lanjutkan Membaca ↓