Sukses

6 Macam Makanan yang Bagus untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Ada beberapa makanan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jakarta- Kita harus menjaga kekebalan tubuh dalam level terbaik, karena dengan sistem kekebalan tubuh kuat, bisa membuat kita terhindar dari potensi terkena berbagai macam penyakit.

Tanpa sistem kekebalan yang baik, akan memengaruhi kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain dapat memiliki risiko terkena berbagai penyakit, kekebalan yang menurun dapat membuat tubuh menjadi kurang berenergi.

Tugas sistem kekebalan tubuh adalah menyaring sel-sel yang tidak berguna dan membersihkannya dari dalam tubuh, sehingga tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan agar sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, seperti menjaga pola makan dan rutin melakukan aktivitas fisik.

Pola hidup seseorang sangat berkaitan erat dengan sistem kekebalan tubuh. Makin sehat pola hidup yang dilakukan, akan makin kuat juga sistem kekebalan tubuhnya.

Di sisi lain, Anda bisa membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat dengan mengonsumsi jenis makanan yang tepat.

Beberapa jenis makanan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh jika dikonsumsi secara rutin adalah bawang dan beri.

Berikut Bola.com merangkum dari Healthline, enam jenis makanan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, Jumat (1/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jeruk

1. Jeruk

Banyak orang yang mengonsumsi vitamin C ketika mengalami gejala flu atau demam. Hal itu karena vitamin C dapat membangun sistem kekebalan tubuh sehingga menghilangkan potensi terkena berbagai macam penyakit.

Jeruk mengandung banyak vitamin C. Vitamin ini juga dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat membantu tubuh melawan infeksi.

Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C dengan sendirinya sehingga perlu asupan vitamin C dari bahan makanan yang dikonsumsi. Anda bisa mendapatkannya dengan memakan buah jeruk secara rutin.

2. Paprika Merah

Jeruk dikenal memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak, namun faktanya paprika merah memiliki lebih banyak kandungan vitamin C daripada jeruk.

Selain itu paprika juga mengandung beta karoten yang cukup tinggi. Selain dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengonsumsi paprika dapat menjaga kesehatan mata.

3 dari 4 halaman

Brokoli

3. Brokoli

Brokoli adalah satu di antara jenis sayuran yang sangat menyehatkan karena memiliki kandungan nutrisi tinggi, sehingga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Brokoli mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, antioksidan, dan juga serat, yang dapat membantu memberi energi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Bawang Putih

Bawang putih sering ditemukan di berbagai masakan karena dapat memberikan tambahan rasa pada masakan itu. Selain menjadi penambah rasa masakan, bawang putih baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Menurut berbagai penelitian, bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan memperlambat pengerasan pembulu darah.

4 dari 4 halaman

Jahe

5. Jahe

Jahe merupakan satu di antara rempah-rempah yang sering dijadikan sebagai obat tradisional karena memiliki berbagai khasiat yang dapat menyehatkan tubuh.

Jahe dikenal banyak kalangan dapat mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangsi sakit tenggorokan. Jahe juga mengandung vitamin C dan magnesium, yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Teh Hijau

Baik teh hijau maupun teh hitam memiliki kandungan flavonoid, senyawa antioksidan yang baik untuk tubuh. Namun, teh hijau lebih unggul karena memiliki kandungan epigallocatechin gallate (EGCG), yang merupakan senyawa antioksidan kuat lainnya.

EGCG telah terbukti dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan cukup signifikan. Minumlah teh hijau secara rutin agar kekuatan sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Sumber: Healthline

Disadur dari Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.