Sukses

PON Papua Kemungkinan Berlangsung 2-14 Oktober 2021

PON Papua yang seharusnya digelar pada 20 Oktober-2 November.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum KONI Pusat Suwarno menyatakan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua kemungkinan berlangsung pada awal Oktober 2021. Waktu dipilih karena tidak bentrok dengan ajang lain.

"Jadi mungkin tanggal pelaksanaannya 2-14 Oktober 2021. Pembukaan hari Sabtu. Itu waktu paling ideal karena tidak bentrok dengan Olimpiade di Juli-Agustus dan SEA Games di November," katanya, dikutip Antara. 

Seusai Presiden Joko Widodo memutuskan menggeser jadwal pelaksanaan PON, Suwarno mengaku sudah melakukan rapat koordinasi dengan Kemenpora melaporkan informasi terkait perkembangan terakhir di Papua, mulai dari pembangunan venue, persiapan akomodasi, dan peralatan.

Menurutnya, KONI Pusat akan langsung menyusun penyesuaian-penyesuaian meliputi beberapa hal seperti pengecekan keabsahan atlet, 'entry by name', hingga tahapan kualifikasi beberapa cabang olahraga yang belum tuntas.

"Juli ini seharusnya ada pertemuan CdM kedua, lanjut delegation registration meeting (DRM) untuk mengecek keabsahan atlet, lalu entry by name seharusnya selesai pada 20 April ini. Tapi melihat kondisi saat ini dan sudah diputuskan mundur. Maka tahapannya akan kita tata lagi pekan depan," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akibat Pandemi Corona

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memutuskan menunda pelaksanaan PON Papua yang seharusnya digelar pada 20 Oktober-2 November hingga Oktober tahun depan. Namun pemerintah belum menentukan tanggal penyelenggarannya.

Pemilihan waktu untuk diundur ke Oktober tahun depan itu telah disesuaikan agar tidak bentrok dengan multievent olahraga internasional lainnya seperti Piala Dunia U-20 (Mei-Juni 2021), Olimpiade Tokyo (Juli-Agustus), dan SEA Games Vietnam (November).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini