Sukses

Daftar 10 Rekor di Liga Champions Ini Masih Tak Terpecahkan

Liga Champions merupakan satu di antara turnamen paling prestisius di dunia. Wajar tentunya jika pemain hingga klub berambisi menjadi yang terbaik di ajang tersebut.

Nyon - Liga Champions merupakan satu di antara turnamen paling prestisius di dunia. Wajar tentunya jika pemain hingga klub berambisi menjadi yang terbaik di ajang tersebut.

Namun, untuk meraih trofi Liga Champions bukan perkara yang mudah. Bahkan, bukan sebuah jaminan, klub dengan skuad mahal bisa merengkuh titel Liga Champions.

Sepanjang perhelatan Liga Champions kerap tersaji momen menarik yang dilakukan pemain atau klub. Tak jarang rekor-rekor menakjubkan diukir di pentas tersebut.

Sementara itu, Liga Champions musim ini harus berhenti sejenak akibat adanya pandemi virus corona penyebab COVID-19. Saat dihentikan, turnamen tersebut sedang memasuki babak 16 besar atau fase gugur.

Di sisi lain, tidak adanya Liga Champions untuk sementara waktu, kita mungkin bisa mengingat lagi beberapa momen hebat yang pernah tersaji di ajang yang digelar UEFA tersebut.

Berikut ini redaksi Bola.com merangkum, rekor Liga Champions yang sulit dipecahkan, seperti dilansir dari Give Me Sports, Kamis (30/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 Rekor di Liga Champions yang Sulit Dipecahkan

1. Hattrick tercepat

Beberapa pihak masih mendebatkan rekor hattrick Befetimbi Gomis. Sebab, Gomis melakukannya dalam dua babak, yakni menit 45 babak (pertama), 48, dan 52.

Gomis mangoleksi hattrick hanya dalam delapan menit. Ia juga mencatatkan gol keempatnya pada laga tersebut. Kala itu, Lyon, klub yang dibelanya, sukses menghancurkan Dinamo Zagreb dengan skor 7-1 pada musim 2011-2012.

2. Pemain dengan Gol Terbanyak dalam Satu Pertandingan

Lionel Messi menjadi satu-satunya pemain yang bisa mencetak lima gol dalam 90 menit. Catatan tersebut ditorehkan Messi saat Bercelona bertemu wakil Bundesliga, Bayern Leverkusen, pada Liga Champions 2011-2012.

3. Tak Kebobolan Terlama

Arsenal pernah tak kebobolan selama 10 laga secara beruntun di Liga Champions. Adalah, Jens Lehman yang menjadi aktor gawang the Gunners tetap perawan sejak Oktober 2005 hingga April 2006.

4. Kiper Terbanyak Cetak Gol

Tak banyak yang menyangka seorang kiper bisa mencetak gol banyak gol di pentas sebesar Liga Champions. Namun, hal tersebut pernah dilakukan oleh seorang kiper bernama Hans-Jorg Butt.

Butt mampu menorehkan tiga gol ke gawang Juventus dengan tiga tim berbeda, yakni Hamburg, Bayern Leverkusen, dan Bayern Munchen.

5. Gol Terbanyak dalam Satu Pertandingan

Pertandingan yang menyajikan banyak gol terjadi saat Borussia Dortmund bertemu Legia Warsawa di Liga Champions 2016-2017.

Kala itu, pada laga tersebut tercipta 12 gol, dengan delapan gol di antaranya dicetak Borussia Dortmund dan sisanya dilesakkan tim tamu, Legia Warsawa.

6. Pemain tertua

Marco Balotta menjadi pemain tertua yang pernah bermain di Liga Champions. Catatan tersebut tersaji saat Lazio menjalani laga terakhir Grup C kontra Real Madrid di Liga Champions 2007-2008.

Pada laga tersebut Marco Ballotta sudah berusia 43 tahun dan 253 hari.

7. Pemain dengan Gol Terbanyak dalam Satu Musim

Cristiano Ronaldo menjadi pemain paling produktif di Liga Champions 2013-2014. Ketika itu, Ronaldo mampu membukukan 17 gol dalam satu musim untuk Real Madrid.

8. Kehadiran Penonton Terbanyak

Pertandingan Barcelona versus Paris Saint-Germain pada Liga Champions 1994-1995 menjadi laga yang paling banyak dihadiri penonton. Kala itu, ada 115.500 orang yang menyaksikan langsung pertandingan tersebut di Camp Nou.

9. Bek dengan Gol Terbanyak dalam Satu Laga

Bek sayap Paris Saint-Germain, Layvin Kurzawa, menjadi bek pertama yang mencetak tiga gol dalam satu pertandingan. Torehan tersebut tercipta saat PSG bertemu Anderlecht pada Liga Champions 2017-2018.

10. Pencetak Gol Termuda

Rodrygo Goes jadi sorotan saat mencetak hattrick untuk Real Madrid yang mengalahkan Galatasaray 6-0 pada laga Grup A Liga Champions di Santiago Bernabeu (7/11/2019).

Catatan tersebut menjadikan Rodrygo sebagai pemain termuda kedua yang mencetak hattrick di Liga Champions, yaitu 18 tahun 301 hari. Namun, rekor pencetak gol termuda masih dipegang legenda Real Madrid, Raul Gonzalez, yaitu 18 tahun 113 hari.

Rekor Raul tersebut tersaji saat El Real bertemu Ferencvaros di Liga Champions 1995-1996.

Sumber: Give Me Sports

Disadur dari Bola.com (Faozan Tri Nugroho/Aning Jati, published 30/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini