Sukses

Kompetisi Eropa Bisa Lanjut Lagi di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19

Sejumlah liga di Eropa menempuh jalan berbeda di tengah pandemi virus corona covid-19. Liga Belanda dan Prancis misalnya, memutuskan meniadakan musim kompetisi 2019/20 lantaran pandemi yang belum mereda.

Liputan6.com, Nyon - Kepala bagian medis UEFA, Tim Meyer menilai kompetisi musim ini bisa dilanjutkan, meskipun pandemi virus corona covid-19 belum mereda. Ia mengatakan, kompetisi dapat digelar asal memperhatikan aspek kesehatan.

Meyer mengatakan, para operator kompetisi harus menyediakan sanitasi dan memastikan pemain dalam keadaan sehat.

"Dalam kondisi seperti itu, dengan menghormati kebijakan pemerintah lokal, sangat mungkin menggelar lagi kompetisi," kata Meyer seperti dilansir Irish Times.

Sejumlah liga di Eropa menempuh jalan berbeda di tengah pandemi virus corona covid-19. Liga Belanda dan Prancis misalnya, memutuskan meniadakan musim kompetisi 2019/20 lantaran pandemi yang belum mereda.

Di saat bersamaan, nasib tiga liga papan atas Eropa: Liga Inggris, Italia, dan Spanyol belum menentu. Ketiga liga bertekad menuntaskan musim ini, namun hal itu terganjal aturan pemerintah masing-masing yang masih melakukan lockdown di tengah pandemi virus corona.

Meyer mengatakan, setiap operator yang ingin menggelar lagi kompetisi harus menyusun aturan tertentu. Aturan itu, kata Meyer, harus mengutamakan keselamatan pihak yang terlibat dalam pertandingan.

"Kesehatan pemain, dan semua yang terlibat adalah kepentingan yang paling utama," ujar Meyer.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbeda dengan FIFA

Pernyataan Meyer sedikit berbeda dengan yang dinyatakan kepala medis FIFA, Michel De'Hooghe. Ia menegaskan, para operator harus sedikit bersabar dan jangan berjudi dengan keselamatan para pemain dan mereka yang terlibat dalam pertandingan.

"Kita jangan meremehkan keadaan. Kita harus waspada. Ini keadaan paling dramatis sejak Perang Dunia," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Italia Jalan Terus

Di sisi lain, Presiden Federasi sepak bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina menegaskan tidak akan membatalkan Liga musim 2019/20. Ia bertekad melanjutkannya meski pandemi virus corona covid-19 belum mereda.

"Selama saya Presiden FIGC, saya tidak akan pernah menandatangani apapun untuk menghentikan musim ini. Sebab, itu artinya kematian bagi sepak bola Italia," kata Gravina seperti dilansir Football Italia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.