Sukses

Pandemi Corona Covid-19, Meludah di Lapangan Terancam Dapat Kartu Kuning

Pandemi virus Corona penyebab Covid-19 memaksa dunia berubah, termasuk pelaku sepak bola.

Jakarta - Pandemi virus Corona penyebab Covid-19 memaksa dunia berubah, termasuk pelaku sepak bola. Pemain diminta lebih menjaga kebersihan agar tidak menularkan penyakit.

Melansir Give Me Sport, Rabu (29/4/2020), Ketua Komite Medis FIFA, Michel D'Hooge, meminta para pemain untuk mengubah perilaku meludah di lapangan ketika sepak bola kembali beraksi. Agar tertib, dia meminta otoritas menciptakan peraturan baru misalnya kartu kuning atau sanksi lain.

"Meludah adalah praktik umum dalam sepak bola dan itu tidak terlalu higienis," kata D'Hooge.

"Jika kami memulai sepak bola lagi, saya pikir kami harus menghindari hal itu secara maksimal. Mungkin mereka bisa memberikan kartu kuning bagi yang melanggar," imbuhnya.

"Meludah itu tidak higienis dan cara yang baik untuk menyebarkan virus. Ini adalah satu di antara alasan kita harus sangat berhati-hati sebelum memulai kompetisi lagi. Saya tidak pesimistis, tapi saya agak skeptis saat ini," jelas D'Hooge.

Para ahli ilmiah telah memperingatkan virus Corona dapat menyebar dari pemain ke pemain jika meludah sembarangan. Mengingat mereka bisa berstatus positif Covid-19 tanpa gejala saat bertanding.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencari Cara Lain

Pemain sepak bola juga perlu memikirkan cara lain untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan kecil di lapangan seperti meludah. Ahli virus di Universitas Cambridge, Ian Brierley, pernah mewanti-wanti hal tersebut.

"Jika orang tersebut terinfeksi, tapi tidak menunjukkan gejala, atau terinfeksi dan bergejala, virus ada di tenggorokan, dan dapat dikeluarkan ke lingkungan dengan meludah," kata Brierley.

"Jabat tangan sebelum pertandingan, mengobrol di awal pertandingan dan bertukar baju di akhir pertandingan juga akan mengirimkan pesan buruk," imbuhnya.

 

Sumber: Give Me Sport

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Hanif Sri Yulianto/Editor: Aning Jati, published 29/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini