Marak Turnamen Virtual di Tengah Pandemi Corona Covid-19: Mengaku Cedera, Sebenarnya Internet Lemot

Oleh Harley.Ikhsan pada 29 Apr 2020, 19:10 WIB
Diperbarui 29 Apr 2020, 19:10 WIB
Kekecewaan Rafael Nadal Batal Akhiri Paceklik Gelar
Perbesar
Rafael Nadal mengikuti turnamen virtual di tengah pandemi virus Corona. (AP Photo/Lee Jin-man)

Liputan6.com, Madrid - Para atlet melakukan berbagai cara untuk mengisi waktu selama pandemi virus Corona. Salah satu aktivitas populer adalah menggelar kompetisi permainan.

Ajang ini juga digelar untuk menghibur pecinta olahraga yang tidak bisa menyaksikan atlet atau tim kesayangan di stadion akibat virus Corona.

Setelah atlet MotoGP, Formula 1, dan sepak bola, para petenis juga meramaikan dengan menggelar turnamen Madrid Open di PlayStation 4.

Sebanyak 32 nama berpartisipasi. Beberapa nama yang bersaing di kategori putra adalah Rafael Nadal, Andy Murray, Stefanos Tsitsipas, Fabio Fognini, dan Kei Nishikori. Sementara petenis putri yang ambil bagian di antaranya Belinca Bencic, Johanna Konta, Kiki Bertens, Victoria Azarenka, serta Angelique Kerber.

Turnamen berlangsung pada 27-30 April. Para peserta dibagi ke empat grup, dengan dua petenis terbaik lolos ke babak selanjutnya.

Berbeda dengan olahraga lain, turnamen Madrid Open virtual ini memiliki misi amal. Panitia turnamen bakal mendonasikan 50 ribu euro, atau sekitar Rp 836 juta, ke Madrid Food Bank. Dana itu nantinya disalurkan bagi masyarakat yang terdampak pandemi virus Corona. Sementara pemenang turnamen menerima 150 ribu euro.

2 dari 3 halaman

Keluhan Nadal

Selebrasi Penuh Emosional Petenis Dunia di Australia Terbuka 2020
Perbesar
Petenis Spanyol, Rafael Nadal merayakan kemenangan usai mengalahkan Nick Kyrgios dari Australia selama pertandingan putaran keempat kejuaraan tenis Australia Terbuka di Melbourne, Australia (27/1/2020). (AFP Photo/William West)

Ada cerita lucu yang terjadi selama turnamen. Setelah mengalahkan Denis Shapovalov 4-3(3) di laga pertama, Nadal dijadwalkan bertanding melawan YouTuber DjMariio. Namun, pemilik 19 gelar Grand Slam ini tiba-tiba meminta pergantian jadwal.

Direktur Turnamen Feliciano Lopez kemudian menyatakan Nadal terkena cedera punggung. Alasan tersebut memancing reaksi negatif dari penonton. Sebab, permainan ini turnamen virtual.

Lopez langsung mengklarifikasi dan menyatakan hanya bercanda. Dia mengaku hanya ingin menghibur di saat situasi sulit karena pandemi Covid-19.

3 dari 3 halaman

Bukan Cuma Nadal

Alasan sebenarnya di balik perubahan itu adalah buruknya jaringan internet Nadal. Nyatanya, bukan hanya Nadal yang mengalami gangguan. Dominic Thiem dan Karen Kachanov juga tidak dapat bertanding karena masalah koneksi.

Lanjutkan Membaca ↓