Eto'o: Prestasi Lionel Messi Akan Sulit Dilampaui

Oleh Rizki Hidayat pada 29 Apr 2020, 13:35 WIB
Diperbarui 29 Apr 2020, 13:35 WIB
Lionel Messi
Perbesar
Lionel Messi dan keenam Ballon d'Or yang diraihnya. (AFP/Franck Fife)

Barcelona - Mantan bintang Barcelona, Samuel Eto'o, sudah mengetahui sejak awal Lionel Messi akan menjadi pemain besar. Eto'o pun menyebut segala warisan prestasi Messi di dunia sepak bola bakal sulit dilampaui.

La Pulga merupakan satu di antara jebolan akademi sepak bola Barcelona, La Masia. Tak butuh waktu lama bagi Lionel Messi untuk menembus skuat utama Tim Catalan.

Pada usia 17 tahun, Messi telah dipercaya masuk tim utama Barcelona. Dia pun tampil dalam sembilan laga dan menyumbangkan satu gol pada musim 2004-2005.

Sejak saat itu, kapten Timnas Argentina itu menjadi sosok penting di lini serang Barcelona. Sejauh ini, Lionel Messi telah tampil dalam 718 pertandingan dan mencetak 627 gol bersama Los Cules.

Bukan hanya itu, Messi juga turut membantu Barca merengkuh 34 trofi juara, beberapa di antaranya adalah 10 gelar La Liga, enam titel juara Copa del Rey, empat trofi Liga Champions, dan tiga Piala Dunia Antarklub.

Lionel Messi juga berhasil merengkuh berbagai penghargaan pribadi, mulai dari enam gelar FIFA Ballon d'Or/Ballon d'Or, dua UEFA Men's Player of the Year, serta satu FIFA World Player of the Year dan The Best FIFA Men's Player.

 

2 dari 3 halaman

Sulit Dilampaui

Lionel Messi
Perbesar
Lionel Messi dan trofi La Liga 2018-2019 yang diraih Barcelona. (AFP/Pau Barrena)

Samuel Eto'o mengaku kagum dengan kerja keras Lionel Messi di dunia sepak bola. Menurutnya, prestasi yang telah dicapai pemain berusia 32 tahun tersebut akan sulit dilampaui pesepak bola lainnya.

"Kami sudah tahu saat itu, Messi suatu hari akan menjadi seperti apa dia saat ini. Saya sangat senang karena dia mencapainya melalui kerja kerasnya sendiri," ujar Eto'o.

"Dia belum berubah sama sekali. Dia masih sosok baik yang saya kenal saat itu dan saya masih mengenalnya. Dia baru-baru ini mengatakan 'terima kasih kepada Samuel', berkat saran saya, yang tidak akan saya ungkapkan di sini, bahwa kariernya berubah," lanjutnya.

"Dulu dia harus memperbaiki beberapa hal, tetapi dia selalu memiliki bakat itu. Saya bangga dan senang melihat dia mengukir prestasinya dan itu belum berakhir."

 

3 dari 3 halaman

Bangga Jadi Teman Messi

"Akan sangat sulit, bahkan tidak mungkin, untuk melampaui warisan Messi. Yang terpenting bagi saya adalah karakternya. Semua orang menghargainya, memujanya sebagai pemain. Tetapi, dia pria yang luar biasa dan saya bangga masih berada di antara teman-temannya," tutur Samuel Eto'o.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari Bola.com (Rizky Hidayat)

Lanjutkan Membaca ↓