Sukses

Jika Pandemi Covid-19 Belum Berakhir Tahun Depan, Olimpiade Tokyo Dibatalkan

Setelah ditunda, penyelenggaraan Olimpiade 2020 di Tokyo berpotensi dibatalkan jika pandemi virus corona Covid-19 belum berakhir tahun depan.

Liputan6.com, Tokyo - Setelah ditunda, penyelenggaraan Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, berpotensi dibatalkan jika pandemi virus corona Covid-19 belum berakhir tahun depan.

Olimpiade Tokyo yang seharusnya digelar tahun ini, telah ditunda menjadi tahun depan atau 2021. Presiden Tokyo 2020, Yoshiro Mori, selaku panitia penyelenggara menyatakan Olimpiade tidak mungkin untuk ditunda lagi.

Apabila sesuai rencana setelah ditunda, Olimpiade 2020 akan dibuka pada 23 Juli 2021. Yoshiro Mori mengatakan penetapan tanggal itu sudah dipertimbangkan dan berdasarkan perhitungan prediksi pandemi Covid-19 sudah selesai.

Dalam sebuah wawancara, Mori tegas menjawab saat ditanya apakah Olimpiade bisa ditunda lagi sampai 2022, apabila pandemi masih mengancam tahun depan. "Tidak. Dalam hal itu, dibatalkan," kata Mori, seperti dilansir AFP.

Yoshiro Mori menjelaskan, penyelenggaraan Olimpiade pernah dibatalkan ketika masa perang. Dia membandingkan saat ini merupakan perang melawan virus corona Covid-19, yang merupakan musuh tidak terlihat.

Jika virus corona mampu dikendalikan di seluruh dunia, Mori mengatakan bahwa Olimpiade pada musim panas tahun akan diselenggarakan dalam damai. "Manusia bertaruh untuk itu," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tekanan Besar

Setelah mendapat tekanan besar dari atlet dan organisasi olahraga, panitia penyelenggara Tokyo 2020 dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada Maret lalu sepakat menunda Olimpiade selama satu tahun.

Panitia dan para pejabat di Jepang menyebut bahwa penundaan Olimpiade selama setahun bisa menjadi momentum untuk menampilkan kemenangan dunia atas pandemi virus corona Covid-19. Tapi, apakah penundaan satu tahun cukup untuk menyelenggarakan Olimpiade?

3 dari 3 halaman

Tunggu Vaksin

Kepala Asosiasi Medis Jepang, Yoshitake Yokokura, mengakui akan sulit menggelar Olimpiade tahun depan apabila vaksin belum ditemukan. Tapi, dia menolak menyatakan bahawa Olimpiade seharusnya dibatalkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.