Sukses

FIFA Punya Gagasan Baru soal Pergantian Pemain

Melalui pernyataan yang dikutip dari Reuters, FIFA mengatakan usulan tersebut harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari badan pembuat aturan sepak bola (IFAB).

Liputan6.com, Zurich - Federasi sepak bola internasional, FIFA punya gagasan baru soal aturan bermain sepak bola. Mereka mengusulkan lima pergantian pemain dalam sebuah pertandingan, biasanya hanya tiga, setelah kompetisi kembali dimulai akibat virus corona covid-19.

Seperti diketahui, seluruh turnamen sepak bola telah ditangguhkan sejak pertengahan Maret 2020. Akan tetapi, sejumlah liga dan federasi tetap berharap dapat menyelesaikan pertandingan musim ini.

Melalui pernyataan yang dikutip dari Reuters, FIFA mengatakan usulan tersebut harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari badan pembuat aturan sepak bola (IFAB). Setelah itu, keputusan terakhir berada di tangan penyelenggara kompetisi.

"Aturan itu kami usulkan dengan mempertimbangkan frekuensi pertandingan yang akan melonjak usai pandemi virus corona, sehingga para pemain juga beresiko mengalami cedera. Maka dari itu, kami mengusulkan agar pergantian pemain bisa dilakukan sampai lima kali per pertandingan," kata pernyataan tersebut, dilansir dari Antara.

Dalam usulan itu, FIFA mengungkapkan setiap tim berkesempatan untuk melakukan tiga kali pergantian pemain di babak pertama dan dua kali di babak kedua atau babak tambahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan FIFA

Aturan tersebut diharapkan FIFA sudah bisa diterapkan pada musim ini dan musim berikutnya, serta pertandingan-pertandingan internasional lainnya sampai 31 Desember 2021 mendatang.

"Pertandingan sepak bola hanya boleh dilanjutkan jika otoritas kesehatan dan juga pemerintah menyatakan bahwa kondisi benar-benar sudah aman," ungkap FIFA.

 

3 dari 3 halaman

Rincian Pergantian Pemain

Dalam usulan itu, FIFA mengungkapkan setiap tim berkesempatan untuk melakukan tiga kali pergantian pemain di babak pertama dan dua kali di babak kedua atau babak tambahan.

Aturan tersebut diharapkan sudah bisa diterapkan pada musim ini dan musim berikutnya, serta pertandingan-pertandingan internasional lainnya sampai 31 Desember 2021 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.