FIFA Punya Gagasan Baru soal Pergantian Pemain

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 28 Apr 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 28 Apr 2020, 08:00 WIB
FOTO: Harry Kane dan 6 Pemain yang Pernah Mendadak Jadi Kiper
Perbesar
Akibat melanggar Josip Ilicic, Claudio Bravo mendapat kartu merah yang membuatnya ditunjuk sebagai pengganti. Dirinya mampu mengamankan free kick dari Alejandro Gomez. (AFP/Marco Bertorello)

Liputan6.com, Zurich - Federasi sepak bola internasional, FIFA punya gagasan baru soal aturan bermain sepak bola. Mereka mengusulkan lima pergantian pemain dalam sebuah pertandingan, biasanya hanya tiga, setelah kompetisi kembali dimulai akibat virus corona covid-19.

Seperti diketahui, seluruh turnamen sepak bola telah ditangguhkan sejak pertengahan Maret 2020. Akan tetapi, sejumlah liga dan federasi tetap berharap dapat menyelesaikan pertandingan musim ini.

Melalui pernyataan yang dikutip dari Reuters, FIFA mengatakan usulan tersebut harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari badan pembuat aturan sepak bola (IFAB). Setelah itu, keputusan terakhir berada di tangan penyelenggara kompetisi.

"Aturan itu kami usulkan dengan mempertimbangkan frekuensi pertandingan yang akan melonjak usai pandemi virus corona, sehingga para pemain juga beresiko mengalami cedera. Maka dari itu, kami mengusulkan agar pergantian pemain bisa dilakukan sampai lima kali per pertandingan," kata pernyataan tersebut, dilansir dari Antara.

Dalam usulan itu, FIFA mengungkapkan setiap tim berkesempatan untuk melakukan tiga kali pergantian pemain di babak pertama dan dua kali di babak kedua atau babak tambahan.

 

2 dari 3 halaman

Harapan FIFA

img_fifa-021210.jpg
Perbesar
Logo FIFA dari markas besarnya di Zurich, Swiss. Foto diambil pada 20 Oktober 2010 jelang biding Piala Dunia 2018 dan 2022.AFP PHOTO/SEBASTIAN DERUNGS

Aturan tersebut diharapkan FIFA sudah bisa diterapkan pada musim ini dan musim berikutnya, serta pertandingan-pertandingan internasional lainnya sampai 31 Desember 2021 mendatang.

"Pertandingan sepak bola hanya boleh dilanjutkan jika otoritas kesehatan dan juga pemerintah menyatakan bahwa kondisi benar-benar sudah aman," ungkap FIFA.

 

3 dari 3 halaman

Rincian Pergantian Pemain

Dalam usulan itu, FIFA mengungkapkan setiap tim berkesempatan untuk melakukan tiga kali pergantian pemain di babak pertama dan dua kali di babak kedua atau babak tambahan.

Aturan tersebut diharapkan sudah bisa diterapkan pada musim ini dan musim berikutnya, serta pertandingan-pertandingan internasional lainnya sampai 31 Desember 2021 mendatang.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by