Sukses

Tips Terhindar Dari Paparan Virus Corona Covid-19

Seseorang bisa saja tertular dan menularkan virus corona covid-19 tanpa disadari.

Liputan6.com, Jakarta- Seseorang bisa saja tertular dan menularkan virus corona covid-19 tanpa disadari. Apalagi, bila orang tersebut tidak menampakan tanda atau gejala secara fisik. Oleh karena itu, pemerintah membagikan tips untuk mencegah hal tersebut dengan menghindari kerumunan.

Jubir Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan langkah yang tepat untuk mencegah penularan virus corona covid-19 adalah hindari kerumunan. Karena dalam kerumunan, kita tidak mengetahui siapa yang terjangkit Covid-19 apalagi tanpa gejala. 

“Hindari kerumunan karena kita tidak pernah tahu siapa orang di luar rumah yang membawa virus. Bahaya sekali orang yang dalam tubuh nya ada virus Corona tapi tidak ada keluhan sama sekali, kita tidak bisa membedakan orang tersebut,” kata Yuri dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id.

Dengan menghindari kerumunan, kita bisa melindungi orang rentan seperti lansia dan orang dengan pengakit kronis. Sebab, jika orang tersebut tertular virus corona maka akan berakibat fatal.

Selain menghindari kerumunan, masyarakat juga harus menjaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker bila keluar rumah, dan rajin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

Karena itu, peran dari seluruh kalangan diperlukan guna mengakhiri pandemi corona covid-19 di Indonesia. Sementara itu, pemerintah sudah mengaktifkan lebih dari 45 laboratorium untuk pemeriksaan spesimen. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

9.096 Pasien Positif

Hingga saat ini, sebanyak 67 ribu lebih spesimen dari 52 ribu kasus lebih telah diperiksa. Hasilnya, sebanyak 9.096 Positif pasien positif di Indonesia.

“Secara rinci sebaran pasien sembuh terbanyak di DKI Jakarta 334 pasien, 133 di Jatim, 93 di Jabar, 82 di Sulawesi Selatan, 70 di Bali dan sisanya di 29 provinsi. Pasien konfirmasi positif Covid-19 bertambah 396 total 8.607, pasien sembuh bertambah 40 total 1.042, pasien meninggal bertambah 31 total 72,” paparnya.

 

3 dari 4 halaman

Ratusan Ribu ODP

Lebih lanjut, tim penanggulangan Covid-19 di daerah telah berhasil mendapatkan 206.911 ODP serta 19.084 PDP di semua provinsi dan 280 kabupaten atau kota.

“Ini yang perlu kita pahami bukan berarti kabupaten/kota terdampak Covid-19 itu seluruh wilayahnya terdampak, tidak seperti itu, mungkin hanya di beberapa kecamatan yang terdampaknya. Begitu juga tidak seluruh wilayah di 34 provinsi, namun hanya beberapa kabupaten dalam 1 provinsi,” jelas Yuri.

 

4 dari 4 halaman

Tingkatkan Imun Tubuh

Segala upaya penanggulangan Covid-19 yang dilakukan harus diiringi dengan menjaga diri sendiri.

Masyarakat harus meningkatkan imunitas tubuh, istirahat cukup, tidak panik, menjaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

(Balwa Ramadhan/Mg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.