Sukses

Harapan Maverick Vinales untuk MotoGP 2020

Jika tidak ada perubahan, seri pembuka MotoGP 2020 bakal berlangsung di Sirkuit Brno, Republik Ceko, pada 9 Agustus.

Liputan6.com, Girona - Rider Monster Energy Yamaha Maverick Vinales melontarkan situasi ideal untuk MotoGP 2020. Dia berharap kompetisi dimulai menurut jadwal paruh kedua.

MotoGP 2020 saat ini belum dimulai karena pandemi virus Corona. Dari 20 lomba yang dijadwalkan, panggung pembuka di Qatar sudah dibatalkan. Seri di Thailand, Argentina, dan AS sudah dijadwal ulang. Sementara ajang di Spanyol, Prancis, Italia, Catalunya, Jerman, Belanda, dan Finlandia ditunda.

Jika tidak ada perubahan, seri pembuka 2020 bakal berlangsung di Sirkuit Brno, Republik Ceko, pada 9 Agustus. Kebetulan, ajang ini merupakan awal paruh kedua kompetisi setelah jeda musim panas.

Vinales menganggap kondisi ini sebagai pertanda. Dia merasa lebih baik jika MotoGP memulai persaingan dari Brno menuju Valencia sesuai kalender sebelumnya. Dengan begitu, balapan di Thailand, Argentina, dan AS yang sudah diselipkan jadi dihapus dan dibatalkan.

Begitu pula seri di berbagai lokasi legendaris yakni Mugello, Assen, serta KymiRing yang melakoni debut, dicoret dari persaingan tahun ini. 

"Berbagai opsi lain yang dipertimbangkan kurang ideal. Akan aneh membalap di lokasi sama dua kali, meski hasilnya bisa berbeda. Sebaiknya kompetisi bergulir sesuai jadwal yang sudah ada," ungkapnya, dikutip Crash.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menunggu Keputusan

Vinales dan pembalap lain masih menunggu keputusan Dorna terkait musim 2020, yang juga menanti perkembangan pandemi virus Corona.

Kabar teranyar operator kompetisi membuka peluang hanya menggelar balapan di Eropa demi mengantisipasi masalah logistik di tengah berbagai kesulitan yang ada.

3 dari 3 halaman

Jadwal 2020

Waktu-Negara-Sirkuit

9 Agustus: Ceko - Brno

16 Agustus: Austria - Red Bull Ring

30 Agustus: Inggris - Silverstone

13 September: San Marino - Misano

27 September: Spanyol - MotorLand Aragon (telah dijadwal ulang)

4 Oktober: Thailand - Buriram (telah dijadwal ulang)

18 Oktober: Jepang - Twin Ring Motegi

25 Oktober: Australia - Phillip Island

1 November: Malaysia - Sepang

15 November: Amerika Serikat - Austin (telah dijadwal ulang)

22 November: Argentina - Termas de Rio Hondo (telah dijadwal ulang)

29 November: Spanyol - Valencia (telah dijadwal ulang)

 

Belum Ditentukan

Spanyol - Jerez

Prancis - Le Mans

Italia - Mugello

Spanyol - Catalunya

Jerman - Sachsenring

Belanda - Assen

Finlandia - KymiRing

 

Dibatalkan

Qatar - Losail

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.