Sukses

IDAI Harap Orang Tua Tetap Perhatikan Imunisasi Anak Saat Pandemi Corona Covid-19

Perlu adanya pengaturan saat memberikan imunisasi dan vaksinasi pada anak. Ruang khusus imunisasi harus tetap memperhatikan physical distancing

Liputan6.com, Jakarta Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan soal pengaturan pemberian imunisasi dan vaksinasi pada anak.

Hal ini dilakukan agar anak tetap terlindung dari virus Corona COVID-19 ketika melakukan imunisasi.

Nina Dwi Putri, Sekretaris Bidang Ilmiah Pengurus Pusat IDAI mengatakan selama pandemi pelaksanaan imunisasi harus diatur sedemikian rupa.

"Ruang khusus imunisasi harus tetap memperhatikan physical distancing. Itu berarti, orang tua dan anak harus datang tepat waktu sesuai jadwal," ujar Nina seperti dikutip Antara, Minggu (26/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyediaan Layanan Daring

Fasilitas kesehatan dan rumah sakit disarankan untuk menyediakan layanan daring. Hal ini dapat mempermudah dalam pengaturan waktu pelayanan sesuai perjanjian.

Alur keluar masuk ibu dan anak juga harus diperhatikan, tambahnya. "Skrining dilakukan di awal, baik terhadap orangtua atau pengantar dan anak yang akan diimunisasi," kata Nina.

Pemeriksaan awal dilakukan dengan pengukuran suhu, pemeriksaan gejala seperti batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan sesak napas.

3 dari 3 halaman

Penting Pakai Masker

"Penggunaan masker juga merupakan salah satu hal penting untuk mencegah penularan COVID-19."

IDAI berharap orang tua tetap memperhatikan imunisasi anak walau di masa pandemi. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya penyakit atau kecacatan.

(Sumber: Health Liputan6.com/Ade Nasihudin Al Ansori/Benedikta Desideria)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini