Sukses

Mantan Napi Jadi Kandidat Pengganti Ratu Tisha, PSSI Harus Cari Sekjen yang Masa Lalunya Bersih

Eddy Sofyan menghangatkan bursa kandidat Sekjen PSSI. Pengamat sepak bola minta PSSI mencari sosok yang masa lalunya bersih.

Jakarta - Bursa calon Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI menghangat. Nama mantan komentator sepak bola, Eddy Sofyan, muncul ke permukaan.

Eddy Sofyan adalah mantan narapidana. Dia dihukum kurungan penjara selama sepuluh tahun pada 2008 setelah terbukti melakukan korupsi dalam investasi surat utang jangka menengah dari PT Jamsostek. Saat itu, Eddy Sofyan berstatus sebagai Direktur Utama PT Volgren Indonesia.

Kabar Eddy Sofyan menjadi penerus Ratu Tisha Destria sebagai Sekjen PSSI bermula dari beredarnya foto dirinya bersama Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dalam sebuah mobil. Keduanya duduk bersebelahan dengan Iriawan sebagai pengemudi.

PSSIdiminta untuk tidak gegabah menunjuk mantan narapidana sebagai suksesor Ratu Tisha. Figur pengganti nantinya harus bersih secara rekam jejak selain berpengalaman.

"Kabar itu betul atau tidak? Rekam jejaknya harus bagus. Seorang sekjen itu adalah orang kedua dari federasi. Contohnya seperti Nugraha Besoes dan Tri Goestoro. Sekjen bukan hanya yang berpengalaman, tapi harus punya rekam jejak yang menjanjikan," ujar pemerhati sepak bola nasional, Taufik Jursal Effendi ketika dihubungi Bola.com.

"Secara perjalanan hidupnya, harus bersih. Bersih dalam arti tak pernah tersangkut masalah hukum. Posisinya juga harus pernah berkecimpung di bidang kesekretariaatan," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Posisi Sekjen PSSI Itu Penting

Pria yang juga menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Persija Barat ini menolak menilai apakah Eddy Sofyan pantas menjadi Sekjen PSSI atau tidak.

Taufik hanya menyarankan bahwa jangan sampai sembarang orang mengisi posisi yang ditinggalkan Ratu Tisha.

 

3 dari 3 halaman

Rekam Jejak

"Kalau saya, PSSI perlu punya sekjen dengan rekam jejak bagus. Karena melalui sekjen, mata dunia tertuju kepada PSSI," imbuh Taufik.

"Rekam jejak penting karena menyangkut nama federasi. Selama ini, nama PSSI bagus. Buktinya? PSSI bisa ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021," imbuh mantan Sekretaris Komite Pembinaan Usia Muda PSSI rezim Djohar Arifin ini.

Disadur dari Bola.com (Muhammad Adiyaksa / Wiwig Prayugi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.