Sukses

Butuh 4 Tahun Beri Gelar, Klopp Sempat Takut Dipecat Liverpool

Pada masa awal kepelatihannya Klopp harus meyakinkan pemilik Liverpool, Fenway Sports Group, bahwa dia perlu waktu untuk mengubah gaya bermain Liverpool.

Liputan6.com, Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku sempat khawatir dipecat oleh klub Liga Premier itu. Untungnya, The Reds mau memberinya waktu untuk membangun tim.

Pada masa awal kepelatihannya Klopp harus meyakinkan pemilik Liverpool, Fenway Sports Group, bahwa dia perlu waktu untuk mengubah gaya bermain Liverpool.

"Sudah pasti kami tak bisa menyelesaikannya dalam semalam. Semua orang menginginkan hal itu tetapi kami tak bisa melakukan hal itu, jadi saya minta waktu," kata Klopp kepada Sky Sports.

"Sebelum itu selama karier saya, saya tak pernah dipecat, jadi saya tak punya pengalaman soal itu. Tetapi saya kemudian tahu bahwa ini level yang berbeda, dan seandainya saya tidak segera mempersembahkan sesuatu maka saya bisa dipecat."

"Kami mendapatkan waktu itu dan hal terbaik adalah setelah enam, tujuh, delapan pertandingan, mereka menjadi sungguh positif mengenai situasi, mereka mengakui kami sudah berada di jalur yang benar. Semenjak itu manajemen Liverpool tak pernah lagi bertanya sedetik pun," kata Klopp.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Gagal

Klopp, yang meneruskan kepelatihan Brendan Rodgers pada 2015, membawa klubnya ke tiga final dalam jangka waktu tiga tahun, masing-masing final Liga Europa dan Piala Liga pada 2016 dan final Liga Champions pada 2018, tetapi semuanya gagal.

Tetapi sang pemilik tetap mempercayai pelatih asal Jerman itu dan kepercayaan mereka terbayar lunas ketika Liverpool merengkuh gelar juara Liga Champions keenamnya pada 2019.

"Mereka percaya dan yakin penuh, dan mereka bilang jalur itu akan membuat kami terus bertahan, dan segalanya akan baik-baik saja. Itulah yang kemudian kami lakukan," sambung Klopp.

Setelah musim lalu finis sebagai runner up liga dengan hanya berselisih satu poin, Liverpool kini cuma perlu enam poin lagi untuk memastikan gelar juara liga pertamanya pada era Liga Premier yang musim ini terhenti sementara akibat pandemi virus corona.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Jurgen Klopp

Video Terkini