Sukses

Catat, Ini 5 Tanda Tubuh Kurang Vitamin D

Vitamin D merupakan satu di antara zat yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Jakarta- Vitamin D ternyata punya peran yang cukup penting untuk menjaga kondisi tubuh manusia. Pasalnya, vitamin ini menjadi satu di antara zat penting untuk rutin dipenuhi.

Kekurangan vitamin D akan memberikan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Hal tersebut berlaku bagi semua kalangan, tua, muda, pria maupun wanita.

Ada beberapa fungsi penting vitamin D bagi tubuh, di antaranya adalah menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan berperan dalam pertumbuhan sel.

Seperti yang dilansir dari Sehatq, tubuh membutuhkan vitamin D untuk meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan. Tidak seperti vitamin lainnya, vitamin D berfungsi layaknya hormon, yang mampu menangkal berbagai penyakit.

Vitamin D tidak bisa diproduksi dengan sendirinya oleh tubuh, sehingga tubuh membutuhkan asupan vitamin ini dari luar.

Anda bisa mendapatkan vitamin D dari berbagai sumber, seperti berjemur di bawah sinar matahari pagi dan rutin mengonsumsi susu.

Tidak ada tes secara khusus yang dapat memberikan kita hasil, apakah sesorang kekurangan vitamin D atau tidak. Namun, ada beberapa hal yang dapat menandakan bahwa seseorang mengalami kekurangan vitamin D.

Beberapa hal yang mungkin perlu dicermati setiap saat untuk mengetahui apakah asupan vitamin D pada tubuh Anda sudah cukup adalah, seringnya berkeringat secara tidak wajar dan tulang yang mudah patah.

Berikut Bola.com telah merangkum dari Daily Entertainment, Kamis (23/4/2020), lima tanda tubuh Anda kekurangan vitamin D.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berkeringat Berlebihan

1. Berkeringat Berlebihan

Saat udara dalam keadaan panas dan sinar matahari begitu terik di luar ruangan, sangat wajar seseorang mengeluarkan keringat.

Begitu pula saat melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, sering kali membuat kita berkeringat.

Namun, jika udara yang dirasakan tidak terlalu panas, dan Anda sedang tidak melakukan kegiatan atau aktivitas fisik yang cukup berat, dan terus mengeluarkan keringat, Anda perlu khawatir dengan hal tersebut.

Hal itu bisa saja menandakan bahwa Anda kekurangan asupan vitamin D yang cukup signifikan. Carilah suplemen vitamin D atau segera hubungi dokter kepercayaan Anda.

3 dari 4 halaman

Tubuh Kurang Berenergi

2. Tubuh Kurang Berenergi

Kekurangan asupan vitamin D dapat menyebabkan tubuh kekurangan energi sehingga sulit mengerjakan aktivitas sehari-hari.

Sangat penting bagi Anda untuk tetap mempertahankan kekuatan otot dengan baik, khususnya bagi orang tua, karena otot yang kuat dapat mecegah cedera pada tulang saat terjatuh atau terbentur sesuatu.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D atau suplemen vitamin D secara rutin, akan menambah kekuatan otot hanya dalam beberapa bulan.

3. Patah Tulang

Tidak dapat dimungkiri lagi bahwa vitamin D menjadi zat yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang, agar tidak mudah keropos dan diserang penyakit.

Kadar vitamin D yang tidak cukup di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit tulang dan khususnya adalah osteoporosis.

Agar memiliki tulang yang lebih sehat dan kuat, asupan vitamin D bagi tubuh menjadi hal yang sangat penting, khususnya bagi orang tua yang rentan cedera patah tulang karena melemahnya kondisi tulang.

4 dari 4 halaman

Depresi

4. Depresi

Sealain dapat menyebabkan berbagai masalah dalam kesehatan, khususnya pada kesehatan tulang, kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko terkena depresi.

Faktanya adalah, terlalu rendah kandungan vitamin D pada tubuh Anda dapat memengaruhi suasana hati.

Dengan mengabaikan kekurangan vitamin D pada tubuh, membuat Anda mengonsumsi obat yang tidak perlu, seperti antidepresan yang memiliki efek buruk bagi tubuh.

Maka, usahakanlah mengonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan vitamin D secara rutin agar dapat mengurangi risiko terkena depresi.

5. Nyeri pada Tulang dan Persendian

Nyeri yang muncul di bagian sendi-sendi atau sebagian tulang merupakan hal cukup normal bagi beberapa orang di segala usia, dan terkadang akan hilang dengan sendirinya.

Namun, yang menjadi masalah adalah jika nyeri tersebut terus berlarut-larut dan tidak kunjung sembuh atau hilang. Hal tersebut dapat menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin D.

Konsumsilah suplemen vitamin D agar kadar vitamin D pada tubuh dapat bertambah, atau konsultasikan kepada dokter, masalah yang terjadi pada Anda tersebut.

Sumber: Daily Entertainment

Disadur dari Bola.com (Penulis Rheza Aditya, Editor Aning Jati, Published 23/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.