Sukses

Ahli Sebut Kelanjutan Kompetisi Sepak Bola Bisa Tergantung Penemuan Vaksin

Menurut seorang ahli epidemiologi putusan penundaan sepak bola di Liga Inggris itu sangat signifikan dan penting.

Liputan6.com, London - Keputusan untuk menangguhkan sepak bola profesional di Liga Inggris sebelum pemerintah secara resmi melarang pertemuan massal karena pandemi virus corona Covid-19 adalah penyelamat yang potensial.

Seperti diketahui, pemerintah Inggris banyak mendapat kritikan karena mengizinkan penyelengaraan Festival Cheltenham dan pertandingan sepak bola di ajang Liga Champions Liverpool kontra Atletico Madrid pada 9 Maret 2020 lalu.

Pengelola Liga Profesional Inggris mengambil keputusan untuk menangguhkan kompetisi [Liga Inggris] pada 13 Maret menjelang putaran pertandingan akhir pekan itu. Tapi keputusan itu dibuat setelah tes pada pelatih kepala Arsenal Mikel Arteta dan pemain depan Chelsea Callum Hudson-Odoi dinyatakan positif.

Jika keputusan untuk menunda segera diambil, berarti 45 pertandingan sepak bola yang akan dimainkan di Liga Inggris dan EFL akhir pekan itu tidak akan terjadi. Menurut Dr Rowland Kao dari University of Edinburgh, putusan itu sangat signifikan dan penting.

"Ada peluang bagus, ya. Tidak ada jaminan dengan jumlah orang yang terinfeksi di negara itu pada waktu itu bahwa seseorang (dengan infeksi) akan ada di sana. Tetapi jika seseorang ada di sana dan menular, ada potensi penyebaran yang sangat besar," kata Dr. Kao pada kantor berita PA saat ditanya apakah akan ada dampak negatif dari pertandingan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tergantung Jumlah Orang

"Sekarang jumlah orang yang Anda dapat terinfeksi tergantung pada jumlah orang yang Anda hubungi. Jadi untuk orang normal di jalan saya mungkin satu, mungkin paling banyak dua orang, tetapi jika Anda duduk di tengah orang banyak untuk dua jam bayangkan semua orang di sekitar Anda yang dapat terinfeksi," ujarnya.

"Tidak sepenuhnya jelas apa yang terjadi ketika Anda mengubah kontak ke sesuatu di mana Anda memiliki pertemuan massal. Pertemuan itu adalah kesempatan bagi virus untuk menularkan dengan cara yang lebih komprehensif.

3 dari 3 halaman

Tergantung Vaksin

Dr. Kao juga membayangkan bahwa kembalinya pendukung ke acara olahraga dapat bergantung pada pengembangan vaksin yang efektif. Tidak mungkin untuk memprediksi kapan vaksin seperti itu akan dikembangkan, bahkan perkiraan optimistis mengatakan itu bisa selama 18 bulan.

"Apa pun yang kita miliki, itu harus menjadi sesuatu yang akan menghentikan epidemi di jalurnya, di mana kita tidak akan harus pergi sejauh jenis jarak sosial yang kita miliki sekarang," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini