Sukses

Dokter Timnas Indonesia Berbagi Tips Jaga Kebugaran Untuk Pesepak bola Selama Pandemi Corona Covid-19

Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi, menyarankan agar pesepak bola melakukan latihan ringan dan menjaga pola makan selama penghentian sementara kompetisi.

Jakarta - Pandemi virus corona yang melanda Indonesia membuat kompetisi berhenti untuk sementara. Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi Maruapey, punya beberapa tips agar pesepak bola tetap bugar meski berlatih di rumah.

Pesepak bola disarankan untuk mempertahankan massa otot selama penghentian sementara kompetisi di Indonesia karena corona. Menurut dr. Syarif Alwi Maruapey, caranya dengan melakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan di dalam maupun pekarangan rumah.

"Latihan di rumah yang masih aman bisa lari di tempat, skipping, kalau punya pekarangan rumah agak luas juga bisa digunakan berlari. Kalau tidak terus dilatih, nanti massa otot dan kekuatan otot para pemain bisa berkurang. Biasanya mereka pasti sudah diberikan program latihan dari pelatih fisik klub masing-masing," kata dr. Syarif Alwi kepada Bola.com, Minggu (19/4/2020).

Selain menjaga kebugaran dengan olahraga, dokter yang karib disapa Papi di Timnas Indonesia itu juga menyarankan agar para pesepak bola disiplin menjaga berat badan. Hal itu bisa dilakukan dengan menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan bergizi.

"Tidak kalah penting adalah disiplin menjaga berat badan. Tidak boleh berat badan mereka sampai naik dan harus ditimbang setiap hari. Lebih 1 kilogram saja tidak boleh. Bagaimana caranya harus tetap memiliki berat badan ideal," ujar pria yang akrab disapa Papi itu.

"Pola makan juga harus dijaga. Pesepak bola tidak boleh suka-suka memakan segalanya. Berat badannya nanti naik. Tidak bisa seperti itu karena mereka adalah pemain profesional," ujar Papi yang sudah menjadi Dokter Timnas Indonesia sejak 2012 itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konsumsi Suplemen

Selain berolahraga dan menjaga pola makan, Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi, juga menyarankan agar pesepak bola di Indonesia mengonsumsi suplemen tambahan agar tidak terinfeksi virus corona.

Pria asal Sulawesi Selatan itu menyarankan agar memilih suplemen untuk menjaga imunitas tubuh.

 

3 dari 3 halaman

Konsumsi Buah dan Sayuran

"Saya pikir untuk sementara dalam situasi seperti ini cari suplemen yang bisa merangsang sistem kekebalan tubuh. Itu bisa didapat dari Vitamin C, Vitamin E, dan juga Vitamin D," ujar Papi.

"Selain itu juga harus makan buah. Sebelum makan, mereka bisa memakan buah, sayuran. Jangan dulu memakan goreng-gorengan berlebihan karena bisa membuat tenggorokan menjadi gatal," ucap Papi.

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaus Harahap / Benediktus Gerendo Pradigdo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.