Waspadai Gejala-Gejala Umum Virus Corona Covid-19

Oleh Liputan6.com pada 21 Apr 2020, 17:30 WIB
Diperbarui 21 Apr 2020, 17:30 WIB
Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta- Di Indonesia, penyebaran virus corona covid-19 semakin mewabah. Bahkan jumlah kasus pasien positif hingga saat ini terus bertambah.

Meski demikian, angka pasien sembuh atau negatif corona juga terus membaik. Oleh karena itu, pemerintah terus mengimbau dan memberikan informasi serta edukasi kepada masyarakat.

Salah satu edukasi yang sangat penting bagi masyarakat ialah gejala atau tanda-tanda seseorang terpapar virus corona.  Organinasi Kesehatan Dunia, WHO menyebutkan, gejala umum virus corona covid-19 antara lain demam, rasa lelah, dan batuk kering.

Bagi sebagian orang yang terpapar corona, mungkin hanya akan mengalami gejala ringan. Namun pada kasus tertentu, seseorang dapat terinfeksi sehingga menyebabkan pnemonia dan kesulitan bernapas.

Selain itu, virus yang tidak ditangani dengan benar bisa berakibat fatal. Biasanya, orang lanjut usia (lansia) dan orang yang memiliki masalah kesehatan seperti diabetes, darah tinggi, atau gangguan jantung dapat mengalami sakit yang lebih serius. 

Berikut ini gejala umum virus corona covid-19:

 

2 dari 5 halaman

Demam

Ilustrasi Sakit Flu dan Demam
Perbesar
Ilustrasi Sakit Flu dan Demam (iStockphoto)

Demam bisa dibilang merupakan gejala utama dari virus corona covid-19 ini. Indikasi terinfeksi virus ini banyak terlihat dari adanya gejala demam.

Suhu badan kita dianggap demam jika sudah mencapai setidaknya 37,7 derajat celsius atau lebih yang dialami anak-anak atau orang dewasa itu baru disebut demam.

Untuk patokan suhu, baiknya juga dilakukan sore hari karena biasanya terjadi peningkatan suhu pada sore hari.

3 dari 5 halaman

Batuk

Penyebab Bronkitis
Perbesar
Batuk Berkepanjangan / Sumber: iStockphoto

 

Seperti juga demam, batuk adalah gejala umum dari infeksi virus corona. Namun, batuknya berbeda, tidak seperti batuk biasa.

Batuk yang datang sebagai gejala corona covid-19 sangat mengganggu. Saat batuk, kita merasa seolah-olah ada sesuatu di dalam dada.

4 dari 5 halaman

Rasa Lelah

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Kelelahan yang luar biasa bisa jadi pertanda gelaja virus corona covid-19. Menurut WHO, hampir 40 persen dari 6.000 orang positif Covid-19 mengaku seperti mengalami kelelahan.

Bahkan, dari sejumlah penelitian disebutkan, meski virus telah hilang, pasien masih merasakan kelelahan. Mereka butuh masa pemulihan yang cukup lama.

5 dari 5 halaman

Perlu Tes Khusus

Nah, kerena gejala-gejala umum covid-19 serupa dengan flu biasa, orang dengan gejala tersebut harus melakukan tes untuk memastikan dirinya terinfeksi atau tidak. Tes dapat dilakukan pada beberapa rumah sakit rujukan, sesuai dengan arahan dokter.

Guna menghindari paparan virus corona, Pemerintah Indonesia selalu mengingatkan untuk melakukan hibauan yang diberikan. Seperti melakukan physical distancing, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tidak menyentuh muka, serta menutup mulu saat bersin dan batuk dengan tisu atau siku terlipat.

(Balwa Ramadhan/Mg)

Lanjutkan Membaca ↓