Sukses

5 Jenis Buah Ini Bisa Tambah Energi Selama Puasa Ramadan

Deretan buah yang bagus untuk dikonsumsi selama puasa Ramadan karena bisa memberikan tambahan energi.

Jakarta Bulan Ramadan 1441 H tinggal menunggu hitungan hari. Bulan suci dan penuh berkah ini tentunya harus disambut dengan penuh sukacita. Pandemi COVID-19 yang sedang merebak semesinya tidak menjadi hambatan untuk menunaikan ibadah puasa.

Selain itu, wajib bagi kita untuk bisa menjaga tubuh tetap sehat saat berpuasa di tengah pandemi virus corona. Selain agar bisa menjalankan puasa dengan lancar, juga meminalisasi risiko tertular virus corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Satu di antara cara menjaga tubuh tetap prima di saat puasa adalah dengan rutin berolahraga. Meski untuk saat ini, olahraga yang dilakukan harus sesuai protokol pencegahan penyebaran virus corona. 

Cara lain untuk membuat kondisi fisik tetap prima ialah mengonsumsi makanan sehat, termasuk buah, di saat sahur dan berbuka puasa.

Secara khusus, ada beberapa jenis buah yang diyakini bagus dikonsumsi selama bulan Ramadan karena bisa menambah energi selama menunaikan ibadah puasa. 

Penasaran buah apa saja itu? Berikut Bola.com berikan sedikit ulasannya, buah yang bisa menambah energi tubuh saat berpuasa di bulan Ramadan, seperti dirangkum dari Fimela, Selasa (21/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Semangka

Semangka menyimpan kadar air yang banyak, mencapai 92 persen. Kaya kandungan vitamin, mineral, dan gula sehingga efektif menambah kebugaran tubuh selama bulan puasa.

3 dari 6 halaman

2. Nanas

Seperti semangka, nanas memiliki kandungan air yang tinggi. Buah ini juga bisa diolah menjadi apa pun, mulai dimakan langsung, hingga dijadikan jus segar.

Nanas mengandung vitamin c tinggi sehingga tak hanya dapat menghidrasi tubuh, melainkan juga bisa menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik selama berpuasa.

4 dari 6 halaman

3. Kurma

Kurma identik dengan buah yang selalu hadir di bulan Ramadan. Tingginya kadar kula dan kalori dalam kurma bisa membantu mengembalikan energi yang hilang.

Konsumsilah tiga buah kurma saat berbuka puasa untuk membantu meningkatkan gula darah kembali normal dan tubuh menjadi lebih segar.

5 dari 6 halaman

4. Apel

Apel mengandung vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan vitamin K, yang dapat menangkal radikal bebas yang kaya kandungan mineral untuk meningkatkan energi dalam tubuh.

6 dari 6 halaman

5. Anggur

Rasanya yang nikmat ditambah dengan tinggi kadar air, membuat anggur efektif memenuhi hidrasi tubuh, terutama saat bulan ramadan. Buah ini juga baik untuk mengobati hipotermia, sekaligus tinggi kandungan vitamin C.

 

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Aning Jati, published 21/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.