Tips Menyimpan dan Berbelanja Makanan saat Memasuki Bulan Ramadan

Oleh Gayuh Tri Pinjungwati pada 21 Apr 2020, 05:00 WIB
Diperbarui 21 Apr 2020, 05:00 WIB
Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Jakarta - Mempersiapkan makanan dan berbelanja untuk keperluan Ramadan akan selalu menjadi tugas besar bagi individu dan rumah tangga. Ada makanan memiliki masa konsumsi yang lebih pendek sehingga jika tidak disegerakan, akan rusak.

Selama Ramadan, sebagian besar orang cenderung membeli banyak produk makanan. Hal ini dapat menyebabkan pengeluaran yang berlebihan dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membatasi pemborosan. Di bawah ini adalah tips yang akan membantu ketika membuat daftar pembelian makanan selama bulan Ramadan dan cara untuk menyimpannya.

Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran harus dikonsumsi lebih sering selama bulan Ramadan. Mereka berfungsi sebagai peran penting dalam diet individu yang secara langsung berkaitan dengan tujuan Ramadan. Ini bisa dalam bentuk apa pun baik buah kering atau beku sekalipun. Untuk menyimpannya supaya lebih tahan lama yaitu, untuk sayuran dan buah segar, simpan di duhu ruangan selama beberapa waktu, kemudian simpan di melari pendingin. Simpan kurma dan buah-buahan kering lainnya dapat disimpan dalam toples kedap udara.

Daging

Idealnya seseorang harus membeli daging setiap minggu. Buat estimasi jumlah daging untuk digunakan setiap minggu. Ini akan membantu untuk mengontrol keuangnmu sehingga tidak melebihi pengeluaran. Hindari membeli daging yang bertahan lebih dari seminggu di lemari es. Jika ingin menyimpan daging, simpanlah di freezer dengan membungkusnya menggunakan plastik terlebih dahulu. 

2 dari 4 halaman

Roti

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna
Perbesar
Makanan 4 Sehat 5 Sempurna (sumber: istockphoto)

Beli roti dalam jumlah wajar yang mungkin dibutuhkan. Sering terjadi bahwa konsumsi roti berkurang selama bulan Ramadan karena banyak anggota keluarga yang memilih makan penuh dan memiliki lebih sedikit sandwich. Cara untuk membekukan roti yaitu dengan membekukannya, jika ingin mengonsumsinya dapat memanaskannya dalam oven.

 

3 dari 4 halaman

Telur

ilustrasi masker telur/unsplash
Perbesar
ilustrasi masker telur/unsplash

Membeli telur dalam jumlah besar selalu bisa menjadi masalah. Menyimpan telur dalam lemari es dengan porositas telur dapat menyebabkan telur memberikan rasa yang sedikit tajam dari makanan lainnya yang disimpan dengan bersamaan. Cara untuk mengawetkannya yaitu dengan simpan di karton dan letakkan di lemari dapur.

 

4 dari 4 halaman

Susu

[Bintang] Ini Alasan Mengapa Susu Kental Manis Ramai Dibahas Masyarakat Indonesia
Perbesar
Ilustrasi susu (Ilustrasi: iStockphoto)

Pertimbangkan tanggal kadaluwarsa dari produk yang dibeli. Selain itu dikatakan bahwa selama bulan Ramadan, selalu ada kekurangan produk makanan atau kenaikan harga. Jadi agar sesuai anggaran, belilah produk makanan sebelum Ramadan. Simpan susu di lemari pendingin untuk menjaga kesegarannya.

Usahakan untuk melakukan belanja makanan sewajarnya, karena penimbunan hanya akan memperburuk keawetan makanan dan membuat pengeluaran semakin bertambah lebih banyak dari biasanya.

Disadur dari Fimela.com (Gayuh Tri Pinjungwati)

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓