Son Heung-min Ikut Kamp Militer Singkat di Jeju Korea Selatan

Oleh Aning Jati pada 20 Apr 2020, 14:10 WIB
Diperbarui 20 Apr 2020, 14:10 WIB
Son Heung-Min
Perbesar
Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-Min merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Norwich City pada pekan ke-24 Liga Inggris di Tottenham Hotspur Stadium, London, Rabu (22/1/2020). Dele Alli dan Son Heung-min mencetak gol untuk membawa Tottenham Hotspur menang 2-1 atas Norwich City. (AP/Matt Dunham

Seoul- Striker Tottenham Hotspur, Son Heung-Min tetap menjalani kamp militer meski bebas dari wajib militer. Pada Senin (20/4/2020), dia resmi masuk kamp militer di Pulau Jeju.

Dia akan memulai pelatihan dasar militer dalam rangkaian wajib militer (wamil) yang dijalaninya. Son Heung-Min gabung Brigade 9 Korps Marinir di Jeju selama 18 hari, hingga 8 Mei 2020.

Pelatihan berlangsung selama empat minggu untuk Angkatan Darat, tetapi hanya tiga minggu untuk Marinir dan Angkatan Laut.

Pemain berusia 28 tahun itu terbebas dari wamil yang "normal", yakni yang berlangsung hingga dua tahun. Alih-alih, mantan pemain Bayern Leverkusen itu hanya akan melakoni pelatih dasar militer tiga minggu dan melakukan pelayanan sosial selama 544 jam.

Khusus kewajiban pelayanan masyarakat, bisa diambil Son Heung-min dalam durasi 34 bulan.

Dia bisa terbebas dari wamil normal ini lantaran meraih medali emas di Asian Games 2018 yang berlangsung di Indonesia. Seluruh pemain yang kala itu masuk skuad, juga mendapat pengecualian; melakoni wamil dalam durasi sangat singkat.

Jelang masuk kamp, Son Heung-Min meminta agar diberikan ruang untuk bisa melakoni wamil secara privat. Dia memohon agar keberadaannya selama wamil tidak mendapat perhatian khusus. 

2 dari 2 halaman

Alasan Wamil di Jeju

Son Heung-Min
Perbesar
Son Heung-Min - Striker Korsel ini merupakan pemain andalan The Lilywhites di lini depan. Mampu mengoleksi lebih dari 50 gol untuk Spurs menjadikannya pemain Asia tersubur di Premier League. (AFP/Ian Kington)

Kapten Timnas Korea Selatan itu berharap agar tak ada fans yang berkerumun di area kamp di mana dia berada, khususnya saat ia tiba dan masuk kamp.

Hal itu ia sampaikan melalui akun media sosial SNS.

"Sangat penting menjauhi kerumunan di masa COVID-19 seperti sekarang dan mematuhi imbauan pemerintah terkait penanganan COVID-19. Untuk alasan itu, saya memutuskan untuk masuk kamp secara pribadi," tulisnya.

Sementara terkait lokasi wamil, disebutkan bahwa hal itu karena alamat tempat tinggal Son Heung-min saat ini adalah di Jeju. Jadi, wajar apabila dia menjalani wamil di area di mana dia tinggal.

Son sudah mendapat izin dari Tottenham Hotspur untuk menjalani wamil ini. Terlebih kompetisi Premier League masih ditunda setidaknya hingga waktu yang belum ditentukan. 

Sumber: Yonhap, Chosun

Disadur dari Bola.com (Aning Jati,published 20/4/2020)

Lanjutkan Membaca ↓