Sukses

5 Striker Terbaik MU dalam 30 Tahun Terakhir

MU selalu memiliki striker berkualitas setiap musim. Berikut 5 striker terbaik klub berjuluk Setan Merah itu dari 1990-2020.

Manchester - Manchester United (MU) adalah salah satu klub terbesar di Eropa. Klub berjuluk Setan Merah itu telah mencatat banyak prestasi, baik kancah domestik maupun Eropa.

MU menjadi klub tersukses di Inggris dengan dua puluh gelar Liga Inggris, dua belas Piala FA, Lima Piala Liga. Red Devils juga mengoleksi tiga trofi Liga Champions dan satu trofi Liga Europa.

Meski menjadi klub paling sukses di Inggris, Manchester United mengalami penurunan performa secara signifikan sejak Sir Alex Ferguson pensiun. Manajer legendaris itu pensiun setelah musim 2012-2013 usai.

Setelah Sir Alex Ferguson pensiun, Manchester United hanya memperoleh satu trofi bergengsi yakni Liga Europa 2016-2017.

Pada masa lalu, Manchester United terkenal kualitas striker kelas dunia yang dimiliki. Mereka menjadi titik tumpu The Red Devils mengoyak jala lawan.

Berikut lima striker MU dalam 30 tahun terakhir dinukil dari Sportskeeda, Minggu (19/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Wayne Rooney

Wayne Rooney merupakan pencetak gol terbanyak Manchester United sepanjang masa. Ia mencatatkan 254 gol di semua kompetisi.

Selama 13 musim membela Manchester United, Wayne Rooney turut menyumbangkan 16 trofi.

3 dari 6 halaman

2. Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy merupakan satu di antara striker paling produktif dalam sejarah Manchester United. Ia mencetak 150 gol dalam 219 penampilan di semua kompetisi.

Van Nistelrooy merumput di Old Traffrod selama enam tahun. Ia hengkang ke Real Madrid pada 2006 setelah bertikai dengan Sir Alex Ferguson.

4 dari 6 halaman

3. Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer merupakan striker produktif di masanya. Ia mencetak 126 gol selama 11 tahun bertugas di Manchester United.

Solskjaer terkenal dengan julukan Baby-faced Assasin. Gol Solskjaer yang paling dikenang adalah saat melawan Bayern Munchen di final Liga Champions 1999.

Striker berpaspor Norwegia itu mencetak gol pada pengujung laga dan memastikan trofi. Kini, Solskjaer mengabdi sebagai manajer Manchester United.

5 dari 6 halaman

4. Eric Cantona

Eric Cantona mendapat julukan The King di Manchester United. Ia mencatatkan 81 gol dan 61 assist dalam 179 penampilan.

Sayangnya, Cantona juga terkenal brutal di lapangan. Ia mengoleksi 4 kartu merah dan 21 kartu kuning selama berseragam Setan Merah. Bahkan ia pernah mendapat sanksi berat setelah menendang seorang suporter.

6 dari 6 halaman

5. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic sempat mencicipi atmosfer Old Trafford selama dua musim. Ia mencetak 29 gol dalam 53 penampilan di semua kompetisi.

Meski kerap dilanda cedera, Ibrahimovic berkontribusi besar dalam membawa Manchester United finis di posisi kedua Premier League 2017-2018.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari Bola.com (Penulis Hanif Sri Yulianto / Editor Yus Mei Sawitri, Published 19/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.