Sukses

Alasan Tidak Ada Deskripsi Sepak Bola ketika PSSI Berdiri 90 Tahun Lalu

Meski menaungi sepak bola Tanah Air, tidak disebut cabang olahraga terpopuler di dunia itu ketika PSSI berdiri di Yogyakarta, 19 April 1930.

Liputan6.com, Jakarta - PSSI merayakan hari jadi ke-90, Minggu (19/4/2020). Di usia tersebut, ada fakta unik di balik berdirinya organisasi.

Meski menaungi sepak bola Tanah Air, tidak disebut cabang olahraga terpopuler di dunia itu ketika PSSI berdiri di Yogyakarta, 19 April 1930.

Sebanyak 17 tokoh dari tujuh wakil klub perserikatan yang berkumpul membentuk wadah bernama Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia.

Ada alasan di balik pemilihan nama itu. Para pendiri tidak memakai kata sepak bola agar tidak dituduh menyaingi organisasi serupa yang dimiliki Belanda yakni NIVB alias Nederlands Indische Voetbal Bond.

Pada masa itu, Soeratin dan kawan-kawan memang harus mewaspadai perhatian Belanda yang masih menduduki Indonesia. Salah satu cara lain yang ditempuh adalah dengan menggelar rapat di malam hari agar polisi Belanda tidak menetapkan pertemuan tersebut sebagai gerakan politik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejak 1950

Antara mencatat PSSI baru menggunakan identitas sepak bola pada tahun 1950 saat menggelar kongres di Solo.

Sejak berdirinya, PSSI menghadapi berbagai gejolak dan cobaan dalam memimpin sepak bola Indonesia. Tantangan besar juga hadir saat ini saat pandemi virus Corona kala tengah bersiap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

 

3 dari 3 halaman

Ajakan Mochamad Iriawan

Untuk itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengajak pencinta sepak bola Indonesia bersatu memenuhi tugas tersebut.

“Kita mendapat amanah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021. Sebuah kesempatan sekaligus kehormatan, momen yang belum pernah terjadi, dan belum tentu terulang lagi,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini