Kepa Terbebani Status Kiper Termahal Dunia di Chelsea

Oleh Jonathan Pandapotan Purba pada 19 Apr 2020, 14:45 WIB
Diperbarui 19 Apr 2020, 14:45 WIB
Kiper Premier League dengan Raihan Clean Sheet Terbanyak Musim 2018/19
Perbesar
Kepa Arrizabalaga (Chelsea FC) (AFP/Paul Ellis)

Liputan6.com, London - Mantan kiper Chelsea, Kevin Hitchcock, meyakini Kepa Arrizabalaga bakal jadi kiper top untuk The Blues berikutnya. Kepa memang kesulitan musim ini, tapi sebenarnya dia hanya perlu menemukan cara menikmati permainannya kembali.

Kepa tampil inkonsisten musim ini, yang memicu spekulasi perihal masa depannya. Sebagai kiper penyandang status termahal di dunia, performa Kepa di lapangan belum sesuai dengan status tersebut.

Frank Lampard bahkan pernah mencadangkan Kepa selama beberapa pekan terkait sejumlah blunder yang dibuat kiper Spanyol itu. Kepa harus berjuang membuktikan diri, sampai akhirnya mendapatkan kesempatannya kembali di tim inti.

Kepa seharusnya mulai berjuang membuktikan diri beberpaa bulan terakhir, tapi pandemi virus corona memaksa sepak bola dihentikan sementara. Hitchcock tahu situasi ini sulit, tergantung pada bagaimana respons Kepa nanti.

Bagi Hitchcock, Kepa punya bakat luar biasa tapi masih belum cukup berpengalaman. Chelsea selalu memiliki kiper-kiper terbaik, Kepa jelas dibandingkan dengan pendahulunya. Terlebih, status kiper termahal di dunia jelas jadi beban besar.

"Chelsea beruntung pernah diperkuat Carlo Cudicini, Petr Cech, dan Thibaut Courtois selama beberapa tahun. Mereka mungkin sedikit kesulitan mencari pengganti kiper-kiper top itu," buka Hitchcock kepada Goal internasional.

"Kiper mereka saat ini masih muda dan memikul beban harga 71 juta poundsterling, itu tidak mudah. Setiap kesalahan yang dibuatnya di Chelsea bakal dibesarkan. Saya pribadi bakal membiarkan dia bermain dan mencari cara menikmati itu."

2 dari 3 halaman

Biarkan Saja Bermain

Pembelian Pesepak Bola Termahal Chelsea
Perbesar
(AFP/Ben Stansall)

Hitchcock mungkin sedikit tidak setuju dengan keputusan Lampard mencadangkan Kepa. Menurutnya Kepa masih sangat muda, jelas akan membuat kesalahan. Namun, justru kesalahan-kesalahan itulah yang akan membuatnya jadi lebih baik.

"Jika Anda menempatkan satu pemain di bawah tekanan yang begitu besar, jelas tidak mudah baginya bermain bebas. Saya kira biarkan saja dia melakukan hal-hal terbaik yang bisa dia lakukan dan dia akan baik-baik saja," imbuh Hitchcock.

"Dia masih 25 tahun. Dia muda dan dia bakal membuat kesalahan. Dia hanya perlu mengurangi kesalahan itu, yang tidak sampai membuat Chelsea kalah. Itulah tujuan kiper mana pun," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris

 

 

Lanjutkan Membaca ↓